Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan Barang Pada Hotel Fairfield by Marriot Bali Legian
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal dalam proses penerimaan barang di Hotel Fairfield by Marriott Bali Legian. Pengendalian internal yang efektif sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh proses penerimaan barang berjalan sesuai dengan standar operasional, mengurangi risiko kesalahan, serta mencegah potensi kecurangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung pada obyek laporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada proses penerimaan barang telah dilaksanakan dengan kebijakan yang telah ditetapkan, namun masih terdapat beberapa kelemahan, seperti kurangnya pengawasan dalam pencocokan dokumen dan ketidaksesuaian jumlah barang yang diterima dengan yang tertertera pada invoice serta harga, jenis, atau jumlah barang yang tidak sesuai antara yang tertera pada invoice dengan yang tertera pada purchase order (PO). Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pada aspek pengawasan, penggunaaan teknologi untuk otomatisasi proses, serta pelatihan bagi staf terkait untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi penerimaan barang. Dengan perbaikan ini, diharapkan sistem pengendalian internal dapat mendukung operasional hotel secara lebih optimal dan mencegah kerugian yang mungkin terjadi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Febrina, N. K. M. G., Sukayasa, I. K., & Jaya, I. (2023). Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan Barang pada Hotel Fox Jimbaran Beach (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).
Irawati, R., & Satri, A. K. (2017). Analisis Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pada Prosedur Penerimaan Dan Pengeluaran Barang Di Pt. Unisem Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 183-193.
Rahayu, N. K. R., & Arnawa, I. P. (2023). Analisis Pengendalian Internal Prosedur Penerimaan Dan Pengeluaran Barang di Hotel X. Journal of Accounting and Hospitality, 1(2), 74-84.
Rinawati, N. L. P., & Wasita, P. A. A. (2023). Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan Barang Pada Hotel Pandawa All Suite. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 6).
Sugiyono, P. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Badung: Alfabeta.
Wulantari, I., Suciwati, D. P., & Jaya, I. (2023). Analisis Sistem Akuntansi Pembelian pada Hotel Fairfield by Marriott Bali Legian (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).