Analisis Penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Denpasar dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi

Main Article Content

Klaudia Ersafiri
I Wayan Suarjana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Denpasar dan dampaknya terhadap kemudahan nasabah dalam bertransaksi. Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) adalah layanan digital dalam bentuk aplikasi berbasis web dan mobile yang diluncurkan oleh PT. Pegadaian dalam rangka mempermudah para nasabah dan calon nasabah dalam bertransaksi dengan pegadaian tampa harus datang ke outlet Pegadaian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT pegadaian Cabang Denpasar telah memberikan kemudahan bagi nasabah, terutama dalam hal efisiensi waktu, kenyamanan, dan eksesibilitas. Meskipun demikian, beberapa tantangan masih muncul terkait dengan pemahaman teknis nasabah serta infakstruktur digital yang perlu terus ditingkatkan. Secara keseluruhan, Pegadaian Digital Service (PDS) dapat dianggap sebagai langkah strategis dalam memodernisasi layanan pegadaian dan meningkatkan kepuasan nasabah. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup peningkatan kualitas layanan digital agar menjangkau lebih banyak pengguna.

Article Details

How to Cite
Ersafiri, K., & Suarjana, I. W. (2025). Analisis Penerapan Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Denpasar dalam Mempermudah Nasabah Bertransaksi. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 7, 737–742. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/3658
Section
Articles

References

Purba, J.H.V., 2011. Dampak Pajak Ekspor Terhadap Industri Minyak Goreng Indonesia. Disertasi Doktor. SPS-IPB. Bogor.

Cahyani, N. and Effendy, M., 2021, December. The Impact of Information Technology Management on Student’s Learning Satisfaction. In International Conference on Global Optimization and Its Applications 2021 (pp. 274-274).

Mulyana, M., Effendy, M. and Hidayat, L., 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Laboratorium Komputer. Karya Ilmiah Dosen STIE Kesatuan, 1(2).

Sukartaatmadja, I., Muktiadji, N. and Effendy, M., 2020. PKM Kegiatan Outbound & Team Building Bagi Karyawan BPR Mandiri. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), pp.57-66.

Effendy, M. and Pamungkas, A.D., 2018. Analisis Beta Saham Harian Terhadap Imbal Saham Harian Sebuah Studi Kasus Saham-Saham LQ45 pada Periode Februari–Juli 2015. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), pp.33-42.

Suharmiati, S., Listari, S. and Effendy, M., 2018. Winning Banking Competition through KREDIT MULTIGUNA Services. In International Conference On Accounting And Management Science 2018 (pp. 230-230).

Muktiadji, N. and Hendrian, G., 2018. Pelatihan Motivasi Usaha Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas, 2(1), pp.078-082.

Sukartaatmadja, I., Muktiadji, N. and Effendy, M., 2020. PKM Kegiatan Outbound & Team Building Bagi Karyawan BPR Mandiri. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), pp.57-66.

Wiratama, A., Muktiadji, N. and Cahyani, N., 2019. Asset Management, Pt Taisho Pharmaceutical Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(1), pp.145-152.

Putri, D.S. and Muktiadji, N., 2017. Analisis Portfolio Optimal Pada Beberapa Perusahaan LQ-45 Komparasi Pendekatan Markowits Dan Model Indeks Tunggal. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 5(1), pp.33-43.

Septiana, R. and Muktiadji, N., 2020. Analisis rasio LDR, Leverage dan Profitabilitas Untuk Menilai Pertumbuhan Laba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), pp.189 198.

Noor, T.D.F.S., Nurendah, Y. and Suardy, W., 2021. Penerapan Hukum Bisnis Sebagai Upaya Menstimulus Kinerja UMKM Dari Perspektif Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), pp.627-640.