Analisis Pengendalian Internal Piutang dalam Meminimalisir Piutang tak Tertagih pada Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal piutang usaha di Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road. Pengendalian internal yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa standar operasional perusahaan berjalan dengan baik. Piutang adalah klaim terhadap aset seperti uang, barang, atau jasa yang harus diterima dari pelanggan. Piutang usaha di sektor perhotelan sering kali berkaitan dengan transaksi yang melibatkan pelanggan korporat dan agen perjalanan, sehingga pengelolaannya menjadi krusial untuk menjaga arus kas dan profitabilitas. Terkadang, piutang ini tidak dapat ditagihkan karena berbagai alasan, seperti ketidakmampuan atau ketidakmauan pelanggan untuk melunasi kewajibannya kepada perusahaan dan para pelanggan meminta waktu lebih untuk melakukan proses pembayaran. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan proses penagihan piutang di Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data langsung, wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road sudah melakukan pengendalian piutang dengan sangat baik, sehingga menghasilkan presentase penagihan piutang diatas 90%. Oleh karena itu, Pengendalian internal piutang di Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road harus tetap dipertahankan dan jika bisa ditingkatkan lagi dengan melakukan kontrol harga penjualan kamar di setiap harinya serta selalu mengingatkan kepada para klien atau agen perjalanan terkait pembayaran agar melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi praktisi dan akademisi dalam memahami dinamika piutang usaha di industri perhotelan serta memberikan rekomendasi untuk praktik manajerial yang lebih baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dewi, N. L. (2022). Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih Pada Pandawa All Suites Hotel Umalas.
Iryani. (2016). Analisis Pengelolaan Piutang Usaha .
Phartama, N. P. (2023). Analisis Pengendalian Internal Piutang Pada Departemen Akuntansi Hotel The Haven Bali Seminyak.
Tadbir-AT. (n.d.). Analisis Pengendalian Piutang Hotel Z di Jakarta Pusat.