Analisis Pengendalian Piutang untuk Meminimalkan Risiko Piutang Tak Tertagih pada Pandawa All Suite Hotel Periode Oktober 2024
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Peningkatan penjualan dari sebuah hotel dapat dilakukan salah satunya dengan penjualan secara kredit yang akan berdampak pada piutang yang terjadi di hotel tersebut. Piutang harus dikelola dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan bagi perusahaan terutama terjadinya penumpukan piutang tidak tertagih. Berkaitan dengan hal tersebut perlu diketahui usaha-usaha yang dilakukan oleh sebuah hotel untuk mengatasi permasalahan tersebut dan sejauhmana telah memberikan dampak terhadap perkembangan piutang tidak tertagih dimana dalam penelitian ini berlokasi di Pandawa All Suite Hotel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase penagihan piutang yang tergolong rendah dan belum memberikan hasil maksimal Hal ini disebabkan karena masih ada agen yang belum bisa melunasi tagihannya yang disebabkan perusahaan tersebut tidak beroperasi sehingga diperlukan kebijakan bagi pihak manajemen untuk mengatasi permasalahan piutang tidak tertagih.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alvionnita, F. R., Sholikhin, A., & Agung, I. G. A. (2020). Analisis Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pengelolaan Piutang Usaha Pada Yogyakarta Marriott Hotel. Jurnal Pariwisata Indonesia, 16(1), 45-50.
Callista, E. T., & Andayani, S. (2024). Analisis Sistem Pengendalian Internal dalam Pengelolaan Piutang Pada HARRIS Hotel & Conventions Gubeng. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, dan Perpajakan, 1(3), 273-281.
Dera, A. P., Sondakh, J. J., & Warongan, J. D. (2016). Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Piutang dan Kerugian Piutang Tak Tertagih pada PT. Surya Wenang Indah Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
Loviriani, S., Syafitri, L., & Munandar, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Piutang Tak Tertagih dan Upaya Penanggulangan serta Penyelesaian Piutang Tak Tertagih. jems, 5, 26.
Sara, I. G. D. R., Waciko, K. J., & Yasa, G. S. W. (2024). Analisis Pengendalian Internal Piutang dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih pada Hotel Alila Seminyak. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(10), 376-396.
Seftiani, R., & Retnowati, Y. F. (2021). Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Dalam Meminimalisir Piutang Tak Tertagih Pada Stasiun Tv Xyz. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 116-129.