Konsep Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan landasan atau pijakan bagi perkembangan anak selanjutnya. Kurikulum Merdeka dapat mentransformasikan sistem pendidikan menjadi lebih baik, bergerak secara sinergis dan mampu mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran dimana peserta didik dituntut lebih aktif, inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini studi literatur dimana peneliti mengkaji dan menganalisis berbagai teori, peraturan yang ada berkaitan dengan konsep model pembelajaran picture and picture dalam kurikulum merdeka. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran picture and picture salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kelebihan model pembelajaran picture and picture yaitu peserta didik menjadi lebih aktif sehingga pembelajaran berjalan lebih menyenangkan. Berbagai penelitian membuktikan model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan kemampuan kognitif, bahasa, motivasi, aktivitas belajar, dan kepercayaan diri siswa. Model pembelajaran picture and picture salah satu alternatif model pembelajaran yang baik diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka jenjang PAUD.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ashfarina, I. N., Soedjarwo, S., & Wijayati W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.442
Cahyati, U., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2022). Application of Storytelling Methods and Picture Word Card Media on Language Ability for Children. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 252–258.
Chen, M., & Huang, Y.-C. (2023). Analysis on the Role of Picture Books in Children’s Cognitive Development Education. Educational Administration: Theory and Practice, 30(1), 125–140. https://doi.org/10.52152/kuey.v30i1.767
Fauziddin, M., & Mayasari, D. (2018). Pemanfaatan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 264–274.
Indriani, T. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Kelas II SD Negeri Kemitir 01. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 68–86. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.48
Jayawardana, H. B. ., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710
Kristiantari, R. (2021). Efforts to Improve Learning Motivation and Understanding in Early Children Through Serial Picture And Hand Puppet. International Journal of Elementary Education, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.41143
Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.
Magliano, J. P., Stickel, T., & Mccarthy, K. S. (2024). Adult readers making sense of picture stories : a contrastive case study. Zeitschrift Für Weiterbildungsforschung, 47, 253–278. https://doi.org/10.1007/s40955-024-00287-9
Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840
Ofori-Attah, K. (2021). Early childhood education and instructional ecology: A vygotskian approach in teaching early childhood social studies. Athens Journal of Education, 8(2), 139–160. https://doi.org/10.30958/aje.8-2-2
Purnawanto, A. T. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagody, 2(1).
Purwanti, R. (2021). Application of OF Picture & Picture Model in Introducing English Vocabulary (Number) At Early Childhood (Case Study in term of Motivation Aspect). Journal of English Teaching, Applied Linguistics and Literatures (JETALL), 4(1), 19–32. https://doi.org/10.20527/jetall.v4i1.8415
Puspita, I. G. A. P. D., Wirya, I. N., & Gading, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B. Pendidikan Anak USia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 241–251.
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.579
Rosanti, I. R., & Maghfi, U. N. (2024). Implementation Of Picture Story Learning To Improve English Language Skills In Early Childhood. Jurnal Tahsinia, 5(6), 912–917.
Saptatiningsih, R. I., & Permana, S. A. (2019). Early Childhood Character Building Troughtechnological Education. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012048
Septiani., Sunarya, D. T. & J. (2017). Penerapan Model Picture and Picture. Pena Ilmiah, 2(1), 71–80. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/950/871
Siregar, E. S., Siregar, I., Daulay, D. E., & Jawak, L. R. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Materi Gerak Lokomotor Siswa Kelas V SD. Journal on Education, 5(2), 5304–5312. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1273