GAMBARAN PENCAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS KOMITMEN PELAYANAN (KBKP) DI KLINIK KIMIA FARMA DIPONEGORO KOTA DENPASAR
Article Sidebar
Published:
Oct 16, 2019
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 774
Download : 387
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) adalah sistem pembayaran kapitasi dari BPJS Kesehatan kepada FKTP berdasarkan pemenuhan atau pencapaian indikator pelayanan. Pihak BPJS menerapkan KBKP sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN di FKTP oleh karena banyak terjadinya kecurangan atau fraud pada pelaksanaan pembayaran kapitasi. Klinik Kimia Farma Diponegoro merupakan salah satu klinik yang menerapkan KBKP dengan 63.000 peserta, namun jumlah peserta terdaftar di klinik masih fluktuasi dan belum memiliki pola serta belum menjalankan strategi secara maksimal dalam proses pemenuhan KBKP. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gambaran pencapaian indikator kapitasi berbasis komitmen pelayanan di Klinik Kimia Farma Diponegoro, Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan berjumlah 5 orang. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tahap transkrip, open coding, coding selektif, kategori, tema dan hasil. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Klinik Kimia Farma Diponegoro Kota Denpasar menunjukan bahwa semua indikator telah berada di zona aman. Hanya saja ada beberapa pasien yang berpindah ke FKTP lain karena merasa kurang puas terhadap lama waktu tunggu di bagian administrasi, namun hal ini sudah mulai ditangani oleh pihak Klinik. Diharapkan pihak Klinik dapat memberikan pelayanan secara tepat, cepat dan meningkatkan mutu pelayanan sehingga peserta merasa nyaman memeriksaan kesehatan dan tidak berpindah ke FKTP lain.
Kata kunci: Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan, JKN, FKTP.
ABSTRACT
Service-based Kapitation Commitment (KBKP) is a capitation payment system from BPJS Kesehatan to FKTP based on fulfillment or achievement of service indicators. The BPJS implements KBKP as an effort to improve the quality of service for JKN participants in FKTP because of the many occurrences of fraud or fraud in implementing capitation payments. The Kimia Farma Diponegoro Clinic is one of the clinics that implements KBKP with 63,000 participants, but the number of participants registered in the clinic is still fluctuating and does not yet have a pattern and has not implemented the strategy maximally in the process of fulfilling KBKP. Therefore, this study aims to explain how the description of the achievement of service-based capitation indicators at Diponegoro Kimia Farma Clinic, Denpasar City. This research is a type of qualitative research using a descriptive approach. The informants numbered 5 people. Data analysis in this study consisted of transcripts, open coding, selective coding, categories, themes and results. The results of the research conducted at the Diponegoro Chemical Farma Clinic in Denpasar City showed that all indicators were in the safe zone. It's just that there are some patients who move to another FKTP because they feel dissatisfied with the length of time waiting in the administration, but this has already begun to be handled by the Clinic. It is expected that the Clinic can provide appropriate, fast service and improve the quality of services so that participants feel comfortable examining health and do not move to other FKTPs.
Keywords: Capitation Based on Service Commitment, JKN, FKTP.
Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) adalah sistem pembayaran kapitasi dari BPJS Kesehatan kepada FKTP berdasarkan pemenuhan atau pencapaian indikator pelayanan. Pihak BPJS menerapkan KBKP sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN di FKTP oleh karena banyak terjadinya kecurangan atau fraud pada pelaksanaan pembayaran kapitasi. Klinik Kimia Farma Diponegoro merupakan salah satu klinik yang menerapkan KBKP dengan 63.000 peserta, namun jumlah peserta terdaftar di klinik masih fluktuasi dan belum memiliki pola serta belum menjalankan strategi secara maksimal dalam proses pemenuhan KBKP. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gambaran pencapaian indikator kapitasi berbasis komitmen pelayanan di Klinik Kimia Farma Diponegoro, Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan berjumlah 5 orang. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tahap transkrip, open coding, coding selektif, kategori, tema dan hasil. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Klinik Kimia Farma Diponegoro Kota Denpasar menunjukan bahwa semua indikator telah berada di zona aman. Hanya saja ada beberapa pasien yang berpindah ke FKTP lain karena merasa kurang puas terhadap lama waktu tunggu di bagian administrasi, namun hal ini sudah mulai ditangani oleh pihak Klinik. Diharapkan pihak Klinik dapat memberikan pelayanan secara tepat, cepat dan meningkatkan mutu pelayanan sehingga peserta merasa nyaman memeriksaan kesehatan dan tidak berpindah ke FKTP lain.
Kata kunci: Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan, JKN, FKTP.
ABSTRACT
Service-based Kapitation Commitment (KBKP) is a capitation payment system from BPJS Kesehatan to FKTP based on fulfillment or achievement of service indicators. The BPJS implements KBKP as an effort to improve the quality of service for JKN participants in FKTP because of the many occurrences of fraud or fraud in implementing capitation payments. The Kimia Farma Diponegoro Clinic is one of the clinics that implements KBKP with 63,000 participants, but the number of participants registered in the clinic is still fluctuating and does not yet have a pattern and has not implemented the strategy maximally in the process of fulfilling KBKP. Therefore, this study aims to explain how the description of the achievement of service-based capitation indicators at Diponegoro Kimia Farma Clinic, Denpasar City. This research is a type of qualitative research using a descriptive approach. The informants numbered 5 people. Data analysis in this study consisted of transcripts, open coding, selective coding, categories, themes and results. The results of the research conducted at the Diponegoro Chemical Farma Clinic in Denpasar City showed that all indicators were in the safe zone. It's just that there are some patients who move to another FKTP because they feel dissatisfied with the length of time waiting in the administration, but this has already begun to be handled by the Clinic. It is expected that the Clinic can provide appropriate, fast service and improve the quality of services so that participants feel comfortable examining health and do not move to other FKTPs.
Keywords: Capitation Based on Service Commitment, JKN, FKTP.
Article Details
How to Cite
Dewi, N. M. R., Hardy, I. P. D. K., & Sugianto, M. A. (2019). GAMBARAN PENCAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS KOMITMEN PELAYANAN (KBKP) DI KLINIK KIMIA FARMA DIPONEGORO KOTA DENPASAR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.832
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.