POTENSI PARIWISATA DI DESA KUTUH KUTA SELATAN BADUNG
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Sektor ekonomi tersier khususnya Jasa Industri Pariwisata saat ini dan kedepan akan menjadi sumber utama pendapatan Nasional dan daerah serta penyumbang terbesar Devisa bagi Negara kita Indonesia, mengingat sumber penerimaan dari sector primer dan skunder terutama dari sumberdaya alam lambat laun akan berkurang dan habis. Pemerintah Bali khususnya Kabupaten Badung selalu berupaya mencari terobosan dan peluang baru guna dapat peningkatan pendapatan asli daerahnya dari sumber-sumber industry pariwisata yaitu dengan membuka kawasan destinasi baru seperti Pantai Pandawa yang berada di Desa Kutuh Kuta Selatan Badung dan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir semakin mengeliat dan menjadikan produk andalan selain Pantai Kuta dan Nusa Dua. Desa Kutuh yang berada di Kuta Selatan Badung, awalnya daerah perbukitan kecil yang tandus dan kering, tapi dan ternyata banyak memiliki potensi dan menyimpan pariwisata untuk dapat digali dan dikembangkan. Adapun potensi pariwisata yang ada di Desa Kutuh Badung dapat di bagi menjadi: 1.Potensi Intern sebagai produk pariwisata menjadi komoditas Supply ; a). Sumberdaya pawisisata seperti alam lautnya yang berpasir putih bersihsepanjang pantai Pandawa,pantai gunung payung,hutan beji monkey, alam pedesaan dan perbukitan yang masih asri, b). Sumberdaya manusia yang mayoritas beragama Hindu religious sangat toleran, c). Budaya adat istiadat yang menyatu dengan agama hindu, kesenian yang begitu kental dan melekat dalam kehidupan sosialnya, d). Minat khusus bidang olah raga telah dan akan dikembangkan menjadi taraf internasional (kampung bola), 2. Pengelola pariwisata, hal mana dengan mengikut sertakan desa adat Kutuh dalam manajemen pariwisata tentu akan mendapatkan support dari masyarakatnya, 3. Kebijakan dan strategi tidak saja datangnya dari desa dan desa adat Kutuh sendiri, tapi juga adanya perhatian dan bantuan dari pemerintahan Kabupaten badung, Provinsi Bali serta Pemerintah Pusat. 4. Potensi Extern yaitu peluang pasar (permintaan/demand) baik pasar wisatawan nusantara maupun wisatawan manca Negara terlebih dengan didukung kemajuan teknologi transportasi dan Infomasi akan lebih dimudahkan. Dampak kajian potensi pariwisata ini seperti; a) Foreiggn exchange Earning, kondisi ekonomi local dan daerah semakin mengeliat, b) Contribution to Government Reveneus dapat memberikan kotribusi secara langsung dan tidak langsung, c) Employment Generation dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja, d) Development infrastruktur yaitu adanya konsep 4 A sebagai Tourism Product yaitu Attraction, Accesable, Amenities, Acellery.
Kata kunci: Potensi Intern, Extern dan Dampak Pariwisata
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.