APLIKASI EDUKASI PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Kadek Heri Budi Arsana
I Made Bagus Dwi Mahadita
I Ketut Putu Suniantara
I Gede Suardika

Abstract

ABSTRACT
Augmented Reality technology is the newest and sophisticated technology that is still very
foreign to Indonesian people. Augmented Reality is a technology that can combine cyberspace with
the real world using media where objects that used is three-dimensional objects. This research uses
Augmented Reality technology as the main media or system from the introduction and learning of
Information Technology Devices. Augmented Reality technology is used in this application so that
the introduction of the shape of the object of the Information Technology device becomes more
original in real form, and this application will also display information from that object. This
application will run on the Android platform, where this application requires a camera to scan
markers that have been provided, then the application will scan markers with the system from the
Vuforia plugin, after successfully scanning, the application will bring up a 3Dimensional object above
the marker image and look as if the device will be there, and this application also displays the name
and information of the device on the Smartphone screen. Making this application aims to help
students learn Information Technology devices in an easy, inexpensive and more effective way, this
can also reduce the expenditure of funds from students and schools to buy these devices to learn.
Keywords: Augmented Reality, Information Technology, Android, 3-Dimensional, Schools
ABSTRAK
Teknologi Augmented Reality termasuk teknologi terbaru dan canggih yang masih sangat
asing di mata orang indonesia. Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menggabungkan
dunia maya dengan dunia nyata yang menggunakan media dimana objeknya menggunakan objek
tiga dimensi. Penelitian ini menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media atau sistem
utama dari pengenalan dan pembelajaran dari Perangkat Teknologi Informasi. Teknologi Augmented
Reality digunakan pada aplikasi ini agar pengenalan bentuk dari objek perangkat Teknologi Informasi
tersebut menjadi lebih asli secara bentuk nyata, dan aplikasi ini nantinya juga akan menampilkan
informasi dari objek tersebut. Aplikasi ini akan berjalan pada platform Android, dimana aplikasi ini
memerlukan kamera untuk memindai penanda yang sudah di sediakan, kemudian aplikasi akan
memindai penanda dengan sistem dari plugin Vuforia, setelah berhasil memindai, aplikasi akan
memunculkan objek 3 Dimensi diatas gambar penanda dan terlihat nyata seakan-akan perangkat
itu ada disana, dan aplikasi ini juga menampilkan nama dan informasi dari perangkat tersebut pada
layar Smartphone. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk membantu siswa mempelajari perangkat
Teknologi Informasi dengan cara yang mudah, murah dan lebih efektif, hal ini juga dapat menekan
pengeluaran dana dari siswa dan sekolah untuk membeli perangkat tersebut untuk dipelajari.
Kata kunci: Augmented Reality, Teknologi Informasi, Android, 3-Dimensi, Sekolah

Article Details

How to Cite
Arsana, K. H. B., Mahadita, I. M. B. D., Suniantara, I. K. P., & Suardika, I. G. (2019). APLIKASI EDUKASI PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.889
Section
Articles