NUTRISI ANAK DAN PENDAPATAN KELUARGA: PERSPEKTIF DAMPAK SOSIAL EKONOMI SAAT PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Dwi Faqihatus Syarifah Has
Genoveva Genoveva
Eka Srirahayu Ariestiningsih

Abstract

Dampak sosial ekonomi dari pandemi COVID-19 menyebabkan sebanyak 6,7 juta balita menderita gizi buruk yang berbahaya pada tahun 2020. Sektor-sektor utama yang berisiko runtuh atau berkurangnya efisiensi setelah COVID-19 termasuk sistem pangan, gizi anak-anak, dan pendapatan keluarga. Gresik, salah satu kota industri paling berkembang di Jawa Timur, secara efektif mengalami lockdown ekonomi selama sebulan dan dampak sosial ekonominya sudah terasa. Beberapa perusahaan memiliki kebijakan untuk memotong gaji, mengurangi karyawan bahkan ada yang menutup perusahaannya untuk sementara waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kebutuhan gizi anak dan pendapatan keluarga selama Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji analisis faktor yang melibatkan 112 responden. Sampel penelitian didistribusikan secara acak menggunakan sampel non-purposive. Berdasarkan data yang dianalisis, gizi anak dan pendapatan keluarga merupakan dua faktor yang memiliki perbandingan kuat yang sama kuatnya dengan dampak sosial ekonomi saat pandemi Covid-19 dengan sig 0,002. Gizi anak memiliki korelasi sebesar 0,770 dan pendapatan keluarga sebesar 0,709 dan> 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua faktor tersebut memiliki hubungan yang kuat dan saling mempengaruhi. Implementasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut adalah : 1) mengintensifkan program pemerintah dalam mendukung MP-ASI yang optimal untuk bayi dan anak, 2) mengampanyekan praktek kebersihan dan pencegahan serta pengendalian infeksi di perusahaan. Dengan dua kegiatan yang saling mendukung ini diharapkan sektor korporasi dapat terus beroperasi dan menunjang pendapatan keluarga.

Kata kunci: Nutrisi Anak, Pendapatan Keluarga, Sosial Ekonomi, Covid-19

Article Details

How to Cite
Has, D. F. S., Genoveva, G., & Ariestiningsih, E. S. (2021). NUTRISI ANAK DAN PENDAPATAN KELUARGA: PERSPEKTIF DAMPAK SOSIAL EKONOMI SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Kesehatan Terpadu, 5(1), 1–5. Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1392
Section
Articles

References

Akseer N, et all. 2020. “COVID-19 Pandemic and Mitigation Strategies: Implications for Maternal and Child Health and Nutrition.” Am J Clin Nutr 112:251–56.

Black, Robert, et all. 2008. “Maternal and Child Malnutrition: Global and Regional Exposure and Health Consequences.” The Lancet 243–60.

Falianty TA. 2020. Menjaga Kesehatan Demi Keberlangsungan Ekonomi Dan Bisnis Di Era Adaptasi Kebiasaan. Jakarta.

FAO. 2020. CHAPTER TWO. Derived from General Principles.

Hanna and Olken. 2020. Latest Online Survey Results. USA.

Lombardini, S. 2017. “FAQ- How Do I Measure Household Income? (Part 1). Taken from OXFAM.” Retrieved (https://views-voices.oxfam.org.uk/2017/02/real-geek-faq-how-can-i-measure-household-income-part-1/).

Mufti, Riza. 2020. “Tourism Will Take at Least a Year to Recover from the COVID-19 Outbreak: The Economy.” Jakarta Post. Retrieved (https://www.thejakartapost.com/news/2020/04/06/tourism-will-take-at-least-a-year-to-recover-from-covid-19-outbreak- economists.html).

Pemkab Gresik. 2020. “Satgas Covid 19 Kabupaten Gresik.” Dinas Kesehatan. Retrieved (https://satgascovid19.gresikkab.go.id/3-langkah-penting/).

S Nocera, PW. 1998. “Health Request: Grossman Model Empirical Test Using Panel Data.” Pub Med Governor 35–49.

Sidhu S. 2020. UNICEF: An Additional 6.7 Million Children under the Age of 5 Could Suffer Wasting This Year Due to COVID-19.

UNICEF. 2020. Global Nutrition Cluster, Feeding Infants and Young Children in the Context of COVID-19. USA.

UNICEF Indonesia. 2018. Penilaian Kapasitas Kelembagaan Untuk Gizi. Jakarta: UNNICEF. Jakarta.

USAID. n.d. Save the Children, Safely Fed Canada (2020). Infant and Child Feeding Recommendations When COVID-19 Is Suspected or Confirmed. USA.

WHO. 2020. “Health of Mothers, Newborns, Children and Adolescents.” WHO. Retrieved (https://www.who.int/maternal_child_adolescent/topics/child/nutrition/en/).