Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Kesehatan Terpadu?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Jurnal Media Kesehatan Terpadu memuat naskah ilmiah dalam bidang kesehatan. Naskah dapat berupa hasil penelitian, artikel ulasan dan laporan kasus. Naskah belum pernah dipublikasikan. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  2. Sistematika umum penulisan sebagai berikut :
    1. Judul
    2. Identitas penulis
    3. Abstrak
    4. Pendahuluan
    5. Metode
    6. Hasil dan Pembahasan
    7. Kesimpulan dan Saran
    8. Ucapan Terimakasih
    9. Daftar Rujukan
  3. Ketentuan rinci : 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

    • Judul :

    Judul singkat dan jelas. Teknis pengetikan yaitu judul ditulis dengan huruf besar dengan ukuran font 14 pt, bold dan ditengah.

    • Identitas Penulis :

    Nama ditulis dengan lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Bila penulis lebih dari satu, dengan alamat instansi yang berbeda, maka dibelakang setiap nama diberi indeks angka arab. Alamat penulis ditulis dibawah nama penulis, mencakup laboratoriu, lembaga dan alamat lengkap, nomor telepon/faksimili dan email. Teknis pengetikan yaitu nama penulis dengan font 12 pt, instansi 10 pt dan email 10 pt

    • Abstak :

    Abstak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bila naskah berbahasa Indonesia maka abstrak bahasa Indonesia yang ditulis terlebih dahulu. Bila naskah berbahasa Inggris maka abstrak Bahasa Inggris yang ditulis terlebih dahulu. Abstrak dilengkapi dengan kaca kunci yang diurutkan berdasarkan kepentingan. Abstrak memuat tentang ringkasan naskah, mencakup seluruh tulisan tanpa merinci setiap bagian. Hindari menggunakan singkatan. Teknis pengetikan yaitu terdiri dari 250 kata, font 12 pt dan spasi 1. Kata kunci terdiri dari 3 kata. 

    • Pendahuluan
    Memuat tentang ruang lingkup, latangbelakang, tujuan dan manfaat penelitian. Bagian ini memuat laporan – laporan sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian. Serta memanfaatkan pustaka yang mendukung pembahasan.
    • Metode

    Metode meguraikan secara rinci cara kerja yang dilaksanakan termasuk metode statistika. Cara kerja hendaknya memuat informasi yang lengkap sehingga dapat digunakan oleh pembaca dan berhasil apabila dilakukan pengulangan. 

    • Hasil dan Pembahasan

    Hasil dan pembahasan disajikan secara bersama dan membahas dengan jelas hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian dapat berupa naskah, tabel, dan gambar. Batasi pengguaan foto, sajikan foto yang jelas sesuai dengan hasil penelitian. Pembahasan yang disajikan memuat hasil yang diperoleh dan bahasan yang berkaitan dengan laporan – laporan sebelumnya. Hindati mengulangi pernyataan pada bab sebelumnya. Teknik pengetikan yaitu Tabel dibuat dengan bentuk terbuka dan diberi judul singkat tentang isi tabel. Keterangan isi tabel, bila diperlukan, dicantumkan sebagai catatan kaki, diberi nomor yang diikuti kurung tutup (nomor keterangan diketik sebagai superscript, misalnya 1),2), dan seterusnya). 

    • Kesimpulan dan Saran

    Kesimpulan dan saran disajikan secara terpisah dari hasil dan pembahasan. Kesimpulan memuat tentang kesimpulan singkat dari tujuan penelitian. Saran memuat tentang prospek kedepan untuk penelitian dengan saran lanjutan penelitian tersebut. 

    • Ucapan Terimakasih

    Ucapan terimakasih disajikan apabila dipandang perlu. Ucapan terimakasih ditujukan kepada yang mendanai penelitian dan untuk memberikan penghargaan lembaga atau perseorangan yang telah membantu penelitian dan proses penulisan. 

    • Daftar Rujukan

    Gaya penulisan daftar pustaka menurut APA (American Psychological Association) adalah gaya yang mengikuti format harvard. Referensi haruslah terbaru (paling lama lima tahun yang lalu) Contoh penulisan daftar pustaka:

    Buku

    Boertjes, C., and A. M. V. Harten. 1989. Mutations In Vegetatively Propagated Crops. USA: Timber Press.

    Bab dalam Buku

    Gamborg, O.L., and J.P. Syluk.  1981.  Nutrition, media, and characteristic of plant cell and tissue cultures. In T.A. Torpe (ed).  Plant Tissue Culture: Methods and Aplication in Agriculture.  Acd. Press.

    Makalah dalam Jurnal

    Delagne, A., A.F. Prouvost, V. Cogez, J.P. Bohin, J.M Lacroix, and N.H. Cotte-Pattat. 2007. Characterization of the Erwinia chrysanthemi gen Locus, Involved in Galactan Catabolism. J. Bacteriol. 189 (19): 7053-7061

    Makalah dalam Internet

    Moser, B., M. Schu¨tz and K.E. Hindenlang. 2006.  Importance of alternative food resources for browsing by roe deer on deciduous trees: The role of food availability and species quality. Forest Ecology and Management (226): 248–255. Available from: http://www.sceincedirect.com.

    Makalah dalam Buku/Prosiding

    Klomp, H., and P. Gruys. 1965.  The analysis of factors affecting reproduction and mortality in a natural population of the pine looper (Bupalus piniarius L.)  Proc. Int. Congr. Ent. 12 London, 1964: 369 –372

    Skripsi/Thesis/Disertasi:

    Aisyah, S.I. 2006. “Induksi Mutagen Fisik pada Anyelir (Dianthus caryopphyllus Linn.) dan Pengujian Stabilitas Mutannya yang Diperbanyak Secara Vegetatif” (Disertasi). Bogor, Institut Pertanian Bogor.

    Bila nama penulis tidak dicantumkan dalam penerbitan, dalam daftar pustaka dituliskan nama lembaganya (bukan “Anonim”)

    Contoh:

    TNBB (Taman Nasional Bali barat).  1998.  Laporan Inventaris Rusa tImor di Kawasan TNBB. Balai TNBB. Cekik, Negara Bali.

    1. Aspek Teknis Pengetikan

    Naskah diketik satu setengah spasi, huruf Times New Roman, ukuran font 12 pt, dengan margin default Ms Word. (kecuali bab yang telah diatur diatas)

    1. Naskah dikirim ke email : nengnatalia@gmail.com cc ke widya.astuti744@gmail.com. Naskah yang dikirim disertai dengan surat dari penulis. Surat menjelaskan tentang peulis yang dapat dihubungi, alamat surat lengkap, nomor telepon, alamat email, dan bertanggung jawab terhadap keaslian penelitian dan isi naskah.
    2. Terhadap naskah yang telah dikirim, redaksi berhak memuat naskah tanpa perbaikan, memuat naskah dengan perbaikan dan menolak naskah.
    3. Biaya cetak makalah yang dimuat dikenakan biaya penerbitan dan pengiriman sebesar Rp 200.000
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.