MEMBANGUN MASYARAKAT MANDIRI DI MASA PASCA PANDEMI MELALUI PENDAMPINGAN PELATIHAN AKUNTANSI BIAYA PRODUK DAN TEKNIK PEMASARAN DIGITAL.

Main Article Content

Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani
Putu Aristya Adi Wasita
Rai Gina Artaninggrum
Luh Diah Citra Resmi Cahyadi
Eka Putri Suryantari
Made Yessi Puspitha
Ni Putu Erviani
Putu Chris Susanto

Abstract

ABSTRAK
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang mendukung ekonomi masyarakat pada masa pandemic banyak diantara para pedagang UMKM yang menjual produknya sesuai dengan harga pasaran tanpa memperhitungkan biaya produksinya. Tidak hanya itu dengan melakukan perencanaan harga pokok produk pedagang UMKM dapat menentukan harga jual produk tanpa mengikuti harga pasarannya, sebab terkadang harga pasaran juga tidak sesuai dengan perhitungan. Selain itu UMKM juga masih mengalami kendala dalam memasarkan secara digital. Permasalahan tersebut juga dialami oleh UMKM dari PWDK GKPB. Pengabdian kepada masyarakat program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora Universitas Dhyana Pura memberikan pelatihan tentang pengembangan usaha, perhitungan harga pokok dan pemasaran produk. Dengan metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Peserta yang didampingi adalah kaum wanita yang memiliki usaha maupun yang akan memulai usaha di masing masing keluarga. Adapun target dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ibu ibu Dian Kristawati GKPB mampu pengembangan produk, melakukan perhitungan harga pokok dan pemasaran produk dalam upaya meningkatkan penghasilan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat di masing masing Wilayah GKPB dari Maret sampai Oktober 2022.
Kata kunci: Harga pokok produk, digital marketing, kewirausahaan

Article Details

How to Cite
Pradnyani, N. L. P. S. P., Wasita, P. A. A., Artaninggrum, R. G., Cahyadi, L. D. C. R., Suryantari, E. P., Puspitha, M. Y., Erviani, N. P., & Susanto, P. C. (2023). MEMBANGUN MASYARAKAT MANDIRI DI MASA PASCA PANDEMI MELALUI PENDAMPINGAN PELATIHAN AKUNTANSI BIAYA PRODUK DAN TEKNIK PEMASARAN DIGITAL. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2362
Section
Articles