PENDAMPINGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA SUBAK, KWT DAN UP2K DESA CATUR KINTAMANI - BANGLI
Bilah Samping Artikel
Diterbitkan:
Feb 12, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 124
Download : 76
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Subak, Kelompok Wanita Tani (KWT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) adalah
beberapa perkumpulan yang ada di Desa Catur, Kecamatan Kintamani Barat, Kabupaten Bangli.
Subak merupakan kelompok perkumpulan para petani. Di Desa Catur Sendiri terdapat 8 Subak,
dimana 8 subak ini dibagi berdasarkan wilayah tempat tinggal mereka di Catur. Sedangkan
Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan perkumpulan atau organisasi dari wanita petani dan
UP2K merupakan organisasi dari ibu – ibu PKK Desa Catur yang memiliki kegiatan mengolah hasil
pangan lokal menjadi oleh – oleh Desa. Dari survei yang kami lakukan, ketiga organisasi ini,
memiliki beberapa permasalahan yang sama yakni kesulitan dalam mendistribusikan hasil produk
mereka, tidak paham dan tidak pernah menggunakan E-commerce. Kesulitan – kesulitan ini
disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka mengenai adanya digital marketing. Dari hal ini,
kami mahasiswa KKN Universitas Dhyana Pura melakukan pendampingan yang bertujuan untuk
meningkatkan minat, motivasi para pelaku organisasi di Desa Catur agar tetap berproduksi dan
agar para perserta pendampingan dapat melek akan keberadaan E-commerce serta menyadari
pentingnya digital marketing pada masa ini.
Kata kunci: Digital Marketing, Pendampingan Desa, Sosialisasi, KKN, Desa Catur
Subak, Kelompok Wanita Tani (KWT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) adalah
beberapa perkumpulan yang ada di Desa Catur, Kecamatan Kintamani Barat, Kabupaten Bangli.
Subak merupakan kelompok perkumpulan para petani. Di Desa Catur Sendiri terdapat 8 Subak,
dimana 8 subak ini dibagi berdasarkan wilayah tempat tinggal mereka di Catur. Sedangkan
Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan perkumpulan atau organisasi dari wanita petani dan
UP2K merupakan organisasi dari ibu – ibu PKK Desa Catur yang memiliki kegiatan mengolah hasil
pangan lokal menjadi oleh – oleh Desa. Dari survei yang kami lakukan, ketiga organisasi ini,
memiliki beberapa permasalahan yang sama yakni kesulitan dalam mendistribusikan hasil produk
mereka, tidak paham dan tidak pernah menggunakan E-commerce. Kesulitan – kesulitan ini
disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka mengenai adanya digital marketing. Dari hal ini,
kami mahasiswa KKN Universitas Dhyana Pura melakukan pendampingan yang bertujuan untuk
meningkatkan minat, motivasi para pelaku organisasi di Desa Catur agar tetap berproduksi dan
agar para perserta pendampingan dapat melek akan keberadaan E-commerce serta menyadari
pentingnya digital marketing pada masa ini.
Kata kunci: Digital Marketing, Pendampingan Desa, Sosialisasi, KKN, Desa Catur
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Meisha, N. P. A., Laksmi, N. P. H. S., Aryati, A. D., Prastika, R. T., Krismawintari, N. P. D., & Susanto, P. C. (2022). PENDAMPINGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA SUBAK, KWT DAN UP2K DESA CATUR KINTAMANI - BANGLI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Diambil dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1659
Terbitan
Bagian
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.