PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK STRATEGI PEMASARAN C-CAFÉ JIMBARAN SEBAGAI CO-WORKING SPACE

Isi Artikel Utama

Carolina Widyawati
Della Fitria Wahyuni
Karolina Ina Kaka
Indra Tirta Saman
Putu Chris Susanto

Abstrak

ABSTRAK
C-Café adalah sebuah usaha makanan dan minuman (F&B) yang terletak di daerah Jimbaran, Bali. Usaha ini berdiri sejak 2021, yang awalnya didirikan sebagai tempat bersantai dan membeli makanan dan minuman bagi para kandidat yang sedang mengurus berkas di agen kapal pesiar yang terletak persis di sebelah C-Café. Usaha kemudian berkembang mnejadi kedai makanan dan minuman untuk umum, yang cenderung lebih diminati seabgai café oleh pelanggan pada malam hari dan sebagai co-working space pada siang hari. C-Café juga melayani pesanan melalui platform pesan antar makanan secara daring. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah bagaimana meningkatkan kunjungan tamu di pagi dan siang hari (breakfast dan lunch) sebagai café yang kondusif untuk bekerja (co-working). Tim menerapkan manajemen pengetahuan, spesifiknya siklus SECI untuk membantu mitra mengembangkan solusi: dimulai dari eksplorasi potensi café sebagai co-working space (socialization), melakukan pencatatan ide-ide pengembangan dan pemasaran café sebagai co-working space (externalization), kemudian melakukan benchmarking praktik baik pengembangan dan pemasaran digital terutama melalui praktik copywriting di platform Instagram (combination), serta menyampaikan rekomendasi strategi kepada mitra (internalization).
Kata kunci : Café, Co-working Space, Manajemen Pengetahuan, Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widyawati, C., Wahyuni, D. F., Kaka, K. I., Saman, I. T., & Susanto, P. C. (2023). PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK STRATEGI PEMASARAN C-CAFÉ JIMBARAN SEBAGAI CO-WORKING SPACE. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Diambil dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2233
Bagian
Articles