PENERAPAN SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN USAHA CANDA KOPI TABANAN BALI
Bilah Samping Artikel
Diterbitkan:
Feb 4, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 154
Download : 175
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Canda Kopi adalah sebuah UMKM kedai kopi yang berdiri sejak tahun 2020 di Jalan Hassanudin, Tabanan Bali. Canda Kopi menjual beraneka ragam jenis kopi dan non kopi serta makanan dan kudapan. Usaha ini masih mengalami kendala di bidang manajemen pengetahuan yaitu belum adanya kumpulan buku resep menu untuk membantu pegawai dalam memproduksi dan melayani pesanan makanan dan minuman, serta belum adanya standar prosedur pelayanan (SOP) bagi karyawan sehingga muncul kesulitan dalam melatih pegawai baru terkait prosedur pelayanan tamu. Tim penulis memberikan solusi berupa penerapan siklus manajemen pengetahuan (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) penyusunan buku kumpulan resep menu dan booklet SOP pelayanan tamu. Setelah mengumpulkan data dari pengamatan dan wawancara, tim mendokumentasi dan menyusun buku resep dan SOP pelayanan, dan kemudian menginternalisasikan hasil penyusunan tersebut kepada mitra, di samping juga membantu UMKM ini dalam hal pemasaran digital.
Kata kunci: pendampingan usaha, knowledge management, pemasaran digital, SOP, UMKM
Canda Kopi adalah sebuah UMKM kedai kopi yang berdiri sejak tahun 2020 di Jalan Hassanudin, Tabanan Bali. Canda Kopi menjual beraneka ragam jenis kopi dan non kopi serta makanan dan kudapan. Usaha ini masih mengalami kendala di bidang manajemen pengetahuan yaitu belum adanya kumpulan buku resep menu untuk membantu pegawai dalam memproduksi dan melayani pesanan makanan dan minuman, serta belum adanya standar prosedur pelayanan (SOP) bagi karyawan sehingga muncul kesulitan dalam melatih pegawai baru terkait prosedur pelayanan tamu. Tim penulis memberikan solusi berupa penerapan siklus manajemen pengetahuan (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) penyusunan buku kumpulan resep menu dan booklet SOP pelayanan tamu. Setelah mengumpulkan data dari pengamatan dan wawancara, tim mendokumentasi dan menyusun buku resep dan SOP pelayanan, dan kemudian menginternalisasikan hasil penyusunan tersebut kepada mitra, di samping juga membantu UMKM ini dalam hal pemasaran digital.
Kata kunci: pendampingan usaha, knowledge management, pemasaran digital, SOP, UMKM
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Mertanti, C. E., Paramitha, G. A. A. W., Dyastama Putri, A. S. M., Rahmat, I. G. D., & Susanto, P. C. (2023). PENERAPAN SIKLUS MANAJEMEN PENGETAHUAN SEBAGAI UPAYA PENDAMPINGAN USAHA CANDA KOPI TABANAN BALI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Diambil dari https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2370
Terbitan
Bagian
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.