Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Keputusan Tamu Menginap di Alron Hotel Blambangan Kuta Badung Bali

Main Article Content

A.A Ngurah Manik Surya Ningrat
I Gede Agus Mertayasa
Sidhi Bayu Turker

Abstract

Abstrak

Data pada riset ini dihimpun dengan memakai metode kuesioner (angket), wawancara, serta observasi. Adapun teknik untuk menganalisis data diantaranya teknik regresi berganda, serta diolah memakai SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukan secara individual, kualitas pelayanan (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap dengan koefisien regresi b1x1 dengan nilai positif senilai 0,458, nilai t – test senilai 4,067 dan nilai ttabel sebesar 1,98. Secara parsial, fasilitas (X2) berpengaruh positif signifikan pada keputusan tamu menginap dengan koefisien regresi b2x2 dengan nilai positif yaitu 0,165 , nilai t – test sebesar 4,611 dan nilai ttabel sebesar 1,98. Secara parsial lokasi (X3) memberikan pengaruh positif signifikan pada keputusan tamu menginap dengan koefisien regresi b3x3 senilai 0,225 disertai nilai t – test sebesar 5,899 dan nilai ttabel sebesar 1,98. Secara simultan kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi memberikan pengaruh atau hubungan positif signifikan terhadap keputusan tamu menginap (Y) di Alron Hotel Blambangan Kuta Badung Bali. Temuan tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil analisis regresi berganda Y = 2,422 + 0,458x1 + 0,165x2 + 0,225x3. Bukan hanya itu, hasil ini dapat ditunjukan pula melalui pengujian f – test yang mana nilai fhitung senilai 59,576 lebih besar dari nilai ftabelyaitu 2,70 dengan demikian Ho tidak diterima (ditolak) serta Ha diterima. Temuan tersebut dapat juga diperlihatkan melalui hasil analisis determinasi berganda bahwasannya kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi memberikan kontribusi 63,7% atas keputusan tamu menginap (Y) di Alron Hotel Blambangan Kuta Badung Bali.

Kata kunci:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Keputusan Tamu Menginap

Abstract

The data analysis technique used is multiple regression and processed with SPSS 24. The results of this study show that partially service quality (X1) has a positive and significant influence on guest decisions to stay with a regression coefficient of b1x1, which has a positive value of 0.458 with a t-test value of 4.067 and a ttable of 1.98. Partially, the facility (X2) has a positive and significant influence on the guest's decision to stay with a regression coefficient of b2x2, which has a positive value of 0.165 with a t-test value of 4.611 and a ttable of 1.98. Partially location (X3) has a positive and significant influence on the decision of guests to stay with a regression coefficient b3x3 of 0.225 with a t-test value of 5.899 and a ttable of 1.98. Simultaneously the quality of service, facilities, and location has a positive and significant influence on the decision of guests to stay (Y) at Alron Hotel Blambangan Kuta Badung Bali. This can be proven through multiple regression analysis Y = 2.422 + 0.458x1 + 0.165x2 + 0.225x3. In addition, it can be confirmed through the f - test, where the calculated of 59.576 is greater than the ftableof 2.70, which means Ho is rejected, and Ha is accepted. In addition, it can also be through multiple determination analysis that the quality of service, facilities, and location contributes 63.7% to the decision of guests to stay (Y) at Alron Hotel Blambangan Kuta Badung Bali.

Keywords:

Service Quality, Facilities, Location, Guest Stay Decision

Article Details

How to Cite
Ningrat, A. N. M. S., Mertayasa, I. G. A., & Turker, S. B. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Keputusan Tamu Menginap di Alron Hotel Blambangan Kuta Badung Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 1(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2297
Section
Articles