Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Karakter Eksekutif terhadap Agresivitas Pajak pada Sub Sektor Consumer Goods Periode 2017 – 2021

Authors

  • Ni Made Suartini
  • Luh Diah Citra Resmi Cahyadi
  • Eka Putri Suryantari

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v1i2.2426

Keywords:

Leverage,, Ukuran Perusahaan,, Karakter Eksekutif,, Agresivitas Pajak

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan karakter eksekutif terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017-2021. Total Debt Ratio digunakan sebagai proxy untuk leverage, Log Total Aset untuk ukuran bisnis, Risiko Perusahaan untuk kepribadian eksekutif, dan Tarif Pajak Efektif untuk agresi pajak (ETR). Metode penyelidikan kuantitatif dan kualitatif digunakan. Populasi dalam analisis ini adalah produsen barang konsumsi yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan termasuk dalam kerangka waktu penelitian (2017-2021). Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel, dan total 155 bisnis terwakili selama tahun 2017-2021. Informasi untuk penelitian ini berasal dari website http://www.idx.co.id yang memuat laporan keuangan tahunan perusahaan. Istilah "dokumentasi" mengacu pada taktik ini. Studi ini menemukan bahwasanya agresi pajak berkorelasi positif dan signifikan dengan leverage dan ukuran perusahaan. Kepribadian eksekutif, di sisi lain, tidak mempengaruhi agresi pajak.

References

Andriani, R. N. R. & Fadilah, A. R. (2019). Pengaruh Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR), Debt To Asset Ratio (DAR), Dan Capital Intensity Ratio (CIR) Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi, 14, 46–59.

Adiyani. & Septanta. (2017). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak dengan CSR sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar BEI Tahun 2010-2014). Skripsi Universitas Pamulang.

Ann, S. & Manurung, A. H. (2019). The Influence of Liquidity, Profitability, Intensity Inventory, Related Party Debt, And Company Size To Aggressive Tax Rate.Archives of Business Research, 7(3), 105–115.

Fahrani., Nurlaela., & Chomsatu. (2017). Pengaruh Kepemilikan Terkonsentrasi, Ukuran Perusahaan, Leverage, Capital Intensity Dan Inventory Intensity terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ekonomi Paradigma Vol. 19 No. 02 Agustus 2017 – Januari 2018.

Jensen, M. C. & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. 3, 305–360.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan (Edisi 2019). Yoygakarta: Andi.

Arianandini, P. W. & Ramantha, I. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional pada Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.22.3. Maret (2018).

Pratiwi, N. P. D., Mahaputra, I. N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2020). Pengaruh Financial Distress, Leverage dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016.

Saputro, D. A. (2017). Pengaruh kompensasi eksekutif dan karakter eksekutif terhadap penghindaran pajak. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Wulandari, D. (2018). Pengaruh likuiditas, leverage, intensitas persediaan, intensitas aset tetap dan manajemen laba pada tingkat agresivitas wajib pajak badan. Skripsi. Universitas Muria Kudus.

Wiguna, I. P. P. & Jati, I. K. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Preferensi Risiko Eksekutif, dan Capital Intensity Pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1).

Yanti, L. D. & Hartono, L. (2019). Effect of Leverage, Profitability and Company Size on Tax Aggressiveness. (Empirical Study: Subsector Manufacturing Companies Food, Beverage, Cosmetics and Household Purposes Manufacturing Listed on the Indonesia Stock Exchangefor 2014-2017).

Downloads

Published

2023-05-16

How to Cite

Ni Made Suartini, Luh Diah Citra Resmi Cahyadi, & Eka Putri Suryantari. (2023). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Karakter Eksekutif terhadap Agresivitas Pajak pada Sub Sektor Consumer Goods Periode 2017 – 2021. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 1(2). https://doi.org/10.36002/jd.v1i2.2426