Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Café Mondela, Denpasar, Bali
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2552Keywords:
Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini melihat pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan di Mondela Café Denpasar, Bali, dengan menggunakan teknik accidental sampling. 102 peserta menjawab kuesioner Google Form menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Y yang ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,273. Selain itu, harga X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,349. Bukti parsial dari uji F-hitung menunjukkan bahwa harga, promosi dan kualitas pelayanan di Mondela Café Bali berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F-hitung yang lebih tinggi dari nilai F tabel maksimal sebesar 2,70. Dengan asumsi H0 adalah hipotesis nol, ini menyiratkan bahwa itu telah ditolak dan Ha benar. Selanjutnya, analisis penentuan berganda menunjukkan bahwa ketiga harga, promosi, dan kualitas layanan ini memberikan kontribusi 61,1% terhadap kepuasan pelanggan di Mondela Café.
References
Fardiani, A. N. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery & Café Pandanaran Semarang. Skripsi, 1–75.
Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1313–1322.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098.
Ria, A. (2017). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Vanilla Café Tulungagung. Simki-Economic, 01(03), 1–14.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trimurti Christimulia Purnama, et.,al.,(2023). Kewirausahaan dan Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia
Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.