Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Olahan Jamur Tiram Dan Jamur Kancing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan

Authors

  • Imanuel Fajar Moripa Kristian Dake Universitas Dhyana Pura
  • I Putu Pranatha Sentosa Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made Erpia Ordani Astuti Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2554

Keywords:

Kreativitas, Inovasi Jamur Tiram, Jamur Kancing, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas produk terhadap minat beli konsumen pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK wira Harapan ; (2) pengaruh inovasi produk terhadap minat beli konsumen pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK wira Harapan (3) pengaruh kreativitas dan inovasi secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK wira Harapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasal. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jasa boga 5 di SMK Wira Harapan dalung Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas produk terhadap minat beli konsumen mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI jasa boga 5 SMK wira harapan sebesar 21,9% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan inovasi produk terhadap minat beli konsumen mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI jasa boga 5 SMK wira harapan sebesar sebesar 50,4% (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas produk dan inovasi produk secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI jasa boga 5 SMK wira harapan sebesar 51,2% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 17,343. dapat di simpulkan bahwa kreativitas dan inovasi produk dapat mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli produk olahan jamur tiram dan jamur kancing.

References

Kotler and Keller (2013) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler and Keller (2016) .Marketing Management. New Jersey.

Rosyanti, & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Ecogen, 2(3), 587–595.

Schiffman and Kanuk (2014). Consumer Behaviour. London.

Sutrisno Hadi (2004). Metodologi Research. 2nd edn. Yogyakarta: Andi Offset.

Tampubolon, E. (2008). kreativitas Produk. jakarta timur.

Downloads

Published

2023-09-04

How to Cite

Imanuel Fajar Moripa Kristian Dake, I Putu Pranatha Sentosa, & Ni Made Erpia Ordani Astuti. (2023). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Olahan Jamur Tiram Dan Jamur Kancing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(2). https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2554