Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Minat Beli Kembali pada Rumah Makan MTV Tomohon, Sulawesi Utara

Main Article Content

Zefanya Priskilla Wongkar
Komalawati Komalawati
I Gede Agus Mertayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terhadap minat beli kembali (Y) pada Rumah Makan MTV Tomohon. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan menggunakan pengukuran skala likert dengan sampel sebanyak 90 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan Aplikasi SPSS 24.0. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji t, dan Uji F. Dengan hasil persamaan regresi Y= -0.370 + 0,366X1 + 0,210X2 + 0,213X3, artinya koefisien regresi kualitas pelayanan (X1) memiliki nilai positif (0,366), koefisien regresi harga (X2) memiliki nilai positif (0,210), koefisien regresi lokasi (X3) memiliki nilai positif (0,213). Nilai R Square sebesar 0,446 artinya bahwa kontribusi kualitas pelayanan (X1), harga (X2),dan lokasi (X3) sebesar 44.6% terhadap minat beli kembali (Y) pada Rumah Makan MTV Tomohon. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan dan lokasi memiliki pengaruh signfikan terhadap minat beli kembali pada Rumah Makan MTV Tomohon. Sedangkan variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali pada Rumah Makan MTV Tomohon. Berdasarkan hasil Uji F diketahui secara simultan kualitas pelayanan, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali pada Rumah Makan MTV Tomohon.

Article Details

How to Cite
Zefanya Priskilla Wongkar, Komalawati Komalawati, & I Gede Agus Mertayasa. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Minat Beli Kembali pada Rumah Makan MTV Tomohon, Sulawesi Utara. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(2). https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2557
Section
Articles

References

Fandy, T. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.

Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponego-ro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kuali-tas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Ramadhan, A. G. & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,

Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu

Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel

Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17525/16774

Saradissa, C. N. & Sitohang, S. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas

Pelayanan, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(11).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D (p. 394).

Bandung: Alfabeta.

Trimurti Christimulia Purnama, et.,al. (2023). Kewirausahaan dan Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia