Pengaruh Perilaku Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi Univrsitas Dhyana Pura Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2566Keywords:
Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman AkuntansiAbstract
Adanya tingkat pemahaman akuntansi bisa mengetahui seberapa besarkah ilmu akuntansi yang dipahami oleh akuntan untuk bisa melakukan peran profesi di dunia industri. Perilaku Belajar mahasiswa yang baik akan mepengaruhi tingkat nilai prestasi yang baik, dan Kecerdasan Emosional bisa melatih kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Perilaku Belajar, dan Kecerdasan Emosional Masiswa Akuntansi Universitas Dhyana Pura Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Penelitian ini dilakukan Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora angkatan 2018-2020. Populasi dari penelitian ini berjumlah 152 mahasiswa, dan banyak sampel yang diambil 63 orang mahasiswa akuntansi. Metode sampel dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi Mahasiswa Universitas Dhyana Pura, dan Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi Mahasiswa Universitas Dhyana Pura.
References
Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23(Edisi Kedelapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Rachmi, F. (2010). ”Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan PerilakuBelajar Terhadap Pemahaman Akuntansi.Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Salovey, P. & Mayer, J. D. (1996). Emotional Intelligence and the Identification of Emotion. 22(2), 89–113.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suwardjono. (2004). Perilaku Belajar Di Perguruan Tinggi.Jurnal Akuntansi & Manajemen.
Wardani, N. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Enosional, Kecerdasan Intelektual Dan Prilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 20(2), 1133–1161.
Zakiah, f. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di Universitas Jember). Skripsi. Jurusan Akuntansi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.