Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan di Pantai Batu Bolong Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan di pantai Batu Bolong Canggu, kuta Utara, Kabupaten Badung. Sampel sebanyak 75 orang ditentukan dengan Accidental Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan data diolah dengan bantuan Software SPSS 25.0. Hasil penelitian yang diperoleh setelah dianalisis menggunakan analisis faktor dari 14 indikator yang mempengaruhi kunjungan wisatawan di pantai Batu Bolong Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung menjadi 3 faktor yaitu Faktor pertokoan, fasilitas, akses, budaya dan alam dengan eigen value 11.656, Faktor Usaha jasa yang memanjakan wisatawan dengan eigen value 0,688, Faktor Pemandangan dan kuliner dengan eigen value 0,636. Penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang dominan mempengaruhi kunjungan wisatawan di Pantai Batu Bolong Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung adalah Faktor Pertokoan, fasilitas, akses, budaya dan alam yang merupakan nilai tertinggi dari keseluruhan nilai eigen value.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Harsaputri, L. D., & Sasonto, E. B. (2017). Arahan Pengembangan Pariwisata dalam Rangka Mengurangi Ketidakmerataan Pariwisata Study Kasus Kabupaten Badung dan Gianyar. Jurnal Teknik ITS, 6(2). 459-462
Pantiyasa, I. W., & Arnawa, I. M. (2016). Pengembangan Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Sangeh, Abiansemal, Badung. Jurnal Ilmah Hospitality Management, 7(1).
Pleanggra, F., & Edi, Y. A. G. (2012). Analisis Pengaruh Objek Wisata, Jumlah Wisatawan dan Pendapatan Perkapita terhadap Pendapatan Retribusi Objek Pariwisata 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Diponegoro Journal of Economic, 1(1).
Sapta, I. K. S., & Landra, N. (2018). Bisnis Pariwisata. Badung: CV. Noah Aletheia.
Trimurti Christimulia Purnama, et.,al. (2023). Pengantar Ilmu Ekonomi (Teori Klasik dan Modern). Bandung: Media Sains Indonesia.
Utama, I. G. B. R., & Mahadewi, N. M. E. (2016). Faktor Penentu Wisatawan Eropa Memilih Bali sebagai Destinasi Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 15(2). https://doi.org/10.52352/jpar.v15i2.205