Pengaruh Kualitas Pelayanan, terhadap Keinginan Tamu Menginap Kembali di Aston Canggu Bali
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2579Keywords:
Tangible, Empathy, Responsiveness, Reliability, Assurance, Keputusan Tamu MenginapAbstract
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara empiris pengaruh pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan tamu menginap. Penelitian ini dilakukan pada Aston Canggu Bali. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 90 orang tamu pada Aston Canggu Bali. Selanjutnya, data dikumpulkan dengan metode penyebaran kuesioner dan diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 dengan menguji uji instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari pengujian normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas, analisi korekasi berganda, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi serta uji hipotesis yakni analisis t-test dan analisis f-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel tangible, empathy, responsiveness, reliability (keandalan) dan assurance (jaminan) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada Aston Canggu Bali (p < 0,05). Sedangkan secara simultan, variabel tangible, empathy, responsiveness, reliability (keandalan) dan assurance (jaminan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada Aston Canggu Bali.
References
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas9Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone9Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.
Andri, A. (2018). Pengaruh9Kualitas Pelayanan terhadap keputusan menginap pada Hotel Semagi Kabupaten Muara Bungo. . https://media.neliti.com/media/publications/286495-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep-01b9e546.pdf. Diakses 25 November 2021.
Febriano, C. P., Lisbet’s, M., & Rita, N. T. (2018). Analisis pengaruh harga, promosi, lokasi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indomaret manado unit9jalan SEA. ISSN 2303-1174. Jurnal EMBA. Vol. 6 no. 4 September 2018.
Hartini. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya. Al – Ulum Ilmu9Sosial dan Humaniora Volume 3, Nomor 1 ISSN: 2476 – 9576. http://Downloads822-1618-1-SM%20(1).pdf. Diakses, 08 Januari 2018.
Khaerunnisa, I. & Sembada, A. T. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha di Pt Jayamandiri Gemasejati9Motor Group (Jg Motor) Cibinong. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 11(2), 39- 48.
Lemy, D. M., Bernarto, I., & Tulung, J. E. (2013). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi9Utara. Jurnal Manajemen Derema.
Muhammad, F. F. & Emma, Y. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian terhadap nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal9of Business and Banking ISSN 2088-7841, DOI 10.14414, Volume 5 nomor 1 May-October 2015.
Nurcahyo, B. H. & Imroatul, K. (2016). Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan9word of mouth terhadap keputusan pembelian pada taman Joglo café Semarang. Diponegoro Journal of Management Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016, ISSN (Online): 2337-3792.
Nurrahim, R. (2019). Pengaruh9Desain Produk dan Celebrity Endorser terhadap keputusan Pembelian. http://repository.unpas.ac.id/43498/4/BAB%20II.pdf. Diakses, 20 November 2021.
Siti, M. (2017.) Pengaruh Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian9Minuman Teh 2 Daun di Plaza Mulia Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis 5 (1): 205-216.
Suryani. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya9pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Ilmu,Yogyakarta.
Trimurti, Christimulia Purnama, et.al., (2023). Kewirausahaan dan Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Walukow, A. L. P. & Mananeke, L. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian9konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Zahra, E. & Mohammad, H. E. (2015). Effect of Quality9and Price on Customer Satisfaction and Commitment in Iran Auto Industry. https://www.semanticscholar.org/paper/Effect-of-Quality-and-Price-on-Customer-and-in-Iran-Ehsani Ehsani/c4a3fddda9939eff3744e804cc96b132b984c46e. Diakses 25 November 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.