Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Fun Thinkers Book pada Anak Kelompok B di Tk Giri Wangi

Authors

  • Ni Kadek Sastrawati Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made Ayu Suryaningsih Universitas Dhyana Pura
  • Christiani Endah Roerwati Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2587

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Fun Thinkers Books, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Abstrak Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia sedang berpikir. Kemampuan kognitif ini berkembang secara bertahap, sejalan dengan perkembangan fisik dan syaraf- syaraf yang berada di pusat susunan, proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan (intelegensi) yang menandai seseorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide belajar. Fun Thinkers Books dapat dikenalkan dan dikembangkan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini. Dengan media Fun Thinkers Book anak dapat belajar tentang bentuk, ukuran, warna dan fungsinya. Jenis penelitian ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media Fun Thinkers Book pada anak kelompok B di TK Giri Wangi . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Rubrik untuk perekaman data mengenai kemampuan kognitif anak selama proses pembelajaran, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif melalui media Fun Thinkers Books, pada observasi awal, ketuntasan kemampuan kognitif anak sebanyak 1 anak ( 6.67%), pada Siklus I mencapai 7 anak (46.66%), dan pada Siklus II mencapai sebanyak 13 anak ( 86.66%). Dapat dikatakan, media Fun Thinkers Books sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatan kemampuan kognitif anak Kelompok B di TK Giri Wangi.

References

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100-111.

Ardiana, R. (2022). Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di taman kanak kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10.

Asri, H., Novianti, R., & Risma, D. (2017). Pengaruh Media Fun Thinkers Book terhadap Keterampilan Mengenali Huruf pada Anak-anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK Pembina 3 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2).

Hamzah, N. (2020). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press.

Kurniawan, A. D. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Laksana, D. N. L., Jau, M. Y., & Ngonu, M. R. (2021). Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Rahmawati, R. (2020). Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Mentoring Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak di SMA Negeri 12 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Shafiyah, E., Arief, Z. A., & Fatonah, U. (2022). Peningkatan Perkembangan Kognitif Dengan Metode Penugasan Berbantuan Media Fun Thinkers Book Pada Anak Kelompok A di TK Negeri Desa Tukad Munggu. Prosiding Teknologi Pendidikan, 1(2), 26-32.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Sastrawati, N. K., Suryaningsih, N. M. A., & Roerwati, C. E. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Fun Thinkers Book pada Anak Kelompok B di Tk Giri Wangi. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(2). https://doi.org/10.36002/jd.v2i2.2587