Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Kembali di Villa Bugis Seminyak, Bali
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2654Keywords:
Kualitas Pelayanan, Customer Relationship, Keputusan BerkunjungAbstract
Penelitian ini guna mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan customer relationship secara parsial dan simultan terhadap keputusan berkunjung. Lokasi penelitian ini di Villa Bugis Seminyak, Bali. 60 responden dari penelitian ini merupakan pelanggan maupun pengunjung villa Bugis Seminyak, Bali. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, dapat nyatakan bahwa; (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, dimana diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,780 dan signifikansi 0,000. (2) Customer relationship berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung, dimana diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,982 dan signifikansi 0,004. (3) secara simultan kualitas pelayanan dan Customer relationship berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dimana diperoleh nilai F-hitung 36,118 dan signifikansi 0,000. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap keputusan berkunjung adalah sebesar 55,9%. Saran peneliti adalah selalu menjaga kebersihan villa, secara rutin memberikan pelatihan kepada karyawan, membuat website yang lebih menarik, dan mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.
References
Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Urbanus, I. N., & Febianti. 2017. Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata terhadap Perilaku Konsumptif Masyarakat. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 1(1).
Utama, A. M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.