Implementasi Metode Bercerita berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Kelompok A2 di TK Fajar Harapan

Main Article Content

I Gusti Ayu Diah Fatmawati
Putu Indah Lestari
Christiani Endah Poerwati

Abstract

 Pada masa usia dini, anak belajar secara cepat dan merespon berbagai stimulasi dengan cepat, Pengembangan bahasa bagi anak usia dini merupakan salah satu domain perkembangan anak yang dalam pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari semua kegiatan. Semua perkembangan bahasa anak usia dini harus mengintegrasikan unsur-unsur mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis termasuk bahasa ekspresif. Permasalahan di Kelompok A2 di TK Fajar Harapan kebanyakan anak kurang dalam berbahasa ekspresif yaitu mengungkapakan perasaan baik verbal maupun nonverbal. Pada saat observasi awal penelitian didampingi oleh satu guru sekaligus mendapatkan informasi tentang kondisi anak selama mengikuti kegiatan belajar di kelas, maka dari itu dibutuhkan metode bercerita berbantuan media audio visual. Hasil penelitian, dapat diketahui persentase ketuntasan pada tahap observasi awal sebesar (9,09%), pada tahap Siklus I sebesar (36,36%), dan pada tahap Siklus II sebesar (86,36%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak Kelompok A2 TK Fajar Harapan.

Article Details

How to Cite
Fatmawati, I. G. A. D., Lestari, P. I., & Poerwati, C. E. (2023). Implementasi Metode Bercerita berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Kelompok A2 di TK Fajar Harapan. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(3). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2655
Section
Articles

References

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Suseni, K. A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif pada Era Society 5.0”. Makasar: CV. Tohar Media.

Husna, A., & Eliza, D. 2021. Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4).

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., & Muhamadiah, M., 2023. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Nurita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1).