Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B1 Di TK Kumara Eka Santhi
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2656Keywords:
Anak Usia Dini, Berpikir Logis, Model Pembelajaran Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Dalam penelitian tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 21 anak dari Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi menjadi subjek penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir logis anak-anak Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi selama penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada awal observasi, tingkat ketuntasan kemampuan berpikir logis hanya mencapai 19,05%. Namun, setelah Siklus I, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 66,67%, dan pada Siklus II, mencapai 85,71%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak-anak Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi.
References
Rosy, B., & Pahlevi, T. 2015. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA
Mahendradhani, G. A. A. R. 2021. Problem-Based Learning di masa Pandemi. Badung: Nilacakra.
Maula, I., Pangastuti, R., Nurhayati, I., Yanti, S., Amala, N., Anggraini, D. D., & Nofianti, R. 2021. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka.
Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhamida, S. 2021. Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa. pusat pengembangan pendidikan dan penelitian pendidikan.
Poerwati, Christiani Endah, I. Made Elia Cahaya, and Ni Made Ayu Suryaningsih. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana Dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Bali.
Putri, N. K., Haryanti, D. U., Jolaekha, J., & Hartono, H. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Kelompok B TK Mutiara Bunda. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 3(1).
Rasto., & Pradana, R. 2020. Problem Based Learning VS Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Jawa Barat. CV Adanu Abimata.
Sanjaya, H. W. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Makasar: Kencana
Sulyandari, A. K. 2021. Perkembangan Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini. Malang: Guepedia.
Suyadi. 2017. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syafdaningsih., Rukiyah., & Utami, F. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.