Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Karyawan pada Pullman Bali Legian Beach Hotel dan Resorts

Authors

  • Oktavianus Aleng Universitas Dhyana Pura
  • R.Tri Priyono Budi Santoso Universitas Dhyana Pura
  • I Ketut Sirna Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2659

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi, Tingkat Pendidikan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan tingkat pendidikan secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan. Pullman Bali Legian Beach Hotel and Resorts adalah tempat penelitian dilakukan. Populasi menggunakan karyawan Pullman Bali Legian Beach Hotel and Resorts dan sampel sejumlah 70 responden. Teknik analisis yang digunakan diantaranya: Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Parsial, Analisis Korelasi Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji F, dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kepemimpinan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, di mana memperoleh nilai t-hitung 2,891, nilai koefisien regresi 0,254, dan signifikansi 0,005. (2) motivasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, di mana memperoleh nilai t-hitung 3,820, nilai koefisien regresi 0,514, dan signifikansi 0,000. (3) tingkat pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, di mana diperoleh nilai t-hitung 2,409, nilai koefisien regresi 0,262, dan signifikansi 0,019. (4) secara simultan kepemimpinan, motivasi, dan tingkat pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, di mana memperoleh nilai F-hitung 39,773, persamaan regresi sebesar Y = 1,067 + 0,254X1 + 0,514X2 + 0,262X3 dan signifikansi 0,000. Besar pengaruh variabel bebas terhadap kinerja karyawan, yakni 62,8%. Saran peneliti adalah pemimpin Pullman Bali Legian Beach Hotel and Resorts hendaknya selalu membangun komunikasi yang baik dengan bawahan, selain itu Pullman Bali Legian Beach Hotel and Resorts diharapkan dapat membina kerja sama antar karyawan maupun karyawan dengan atasan, memposisikan karyawan berdasarkan keterampilan dan kemampuan karyawan serta memberikan pelatihan kepada karyawan.

References

Algifari, 2012. Analisis Regresi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE UGM

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Maharani, D. A., Supriatin, D., & Puspitawati, E. 2023. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Hasta Pusaka Sentosa Purbalingga. Modikonis: Jurnal Media Ekonomi dan Bisnis, 14(1).

Purwani, T., & Istiyanto, B. 2022. Motivasi Kerja, Tingkat Pendidikan, Kepemiminan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT BPR Bank Boyolali. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 21(1).

Sugiono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yasa, I. N., & Mayasari, N. M. D. A. 2022. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(2)

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Aleng, O., Santoso, R. P. B., & Sirna, I. K. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Karyawan pada Pullman Bali Legian Beach Hotel dan Resorts. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(3). https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2659