Penerapan Model CPS untuk Meningkatkan Kreativitas, Minat, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Cake dan Kue Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2662Keywords:
Model Pembelajaran CPS, Kreativitas, Minat, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas, minat, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model CPS pada mata pelajaran produk cake dan kue Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tipe one group pretest posttest yang dilakukan pada siswa kelas XI Jasa Boga 2 di SMK Wira Harapan. Teknik sampling menggunakan purposive sumpling. Jumlah responden berjumlah 37 siswa yang terdiri dari laki-laki 18, dan perempuan 19 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pada pretest rerata kreativitas yang diperoleh sebesar 86.70, sedangkan pada posttest diperoleh sebesar 106.16. Dari hasil pengukuran tersebut terdapat peningkatan skor sebesar 19.46. Pada pretest rerata minat yang diperoleh sebesar 83.11, sedangkan pada posttest diperoleh sebesar 106.32. Dari hasil pengukuran tersebut terdapat peningkatan skor sebesar 23.21. Pada pretest rerata hasil belajar yang diperoleh sebesar 75.80, sedangkan pada posttest diperoleh sebesar 91.61. Dari hasil pengukuran tersebut terdapat peningkatan skor sebesar 15.81. Hasil uji paired sample t-test yang membandingkan antara pretest-posttest kreativitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, pada minat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, dan pada hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.
References
Armylia, et al., (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1).
Faroh, et al., (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071
Mahmudi, et al., (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.
Rahmadenti, T. A., Afrila, D. (2022). Terhadap Sikap Belajar Siswa di Kelas XI Perhotelan SMK Negeri 4 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 6(1) http://dx.doi.org/10.33087/sjee.v6i1.115
Fitriani, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1). https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Suherman, T. (2023). Meningkatkan Kreativitas Dan Nilai Hasil Belajar PAI Materi Menghindarkan Diri Dari Pergaulan Bebas Dan Perbuatan Zina Melalui STAD Di SMK Negeri 3 Linggabuana. Jurnal Hukum, Pendidikan, Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 53–68.
Udayani, I. D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Model creative problem solving terhadap minat belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(2).
Wansaubun, W. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Chemistry Education Journal Arfak Chem, 3(2).
Yuniasih, N. N., Diarini, S., & Sentosa, I. P. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran CPS untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa, Minat Berwirausaha dan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Online pada Mapel Pengolahan Penyajian Makanan Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII Tata Boga II SMK Pratama Widya Mandala Badung). Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.