Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Kotak Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Adnyani Abiansemal
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2664Keywords:
Team Games Tournament, Kotak Pintar, Literasi, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi anak usia 4-5 tahun PAUD Adnyani yang berjumlah 20 anak terdiri dari 17 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi awal sebelum dilakukan tindakan menunjukkan anak yang memenuhi kriteria ketuntasan hanya 4 anak (20%), setelah diberikan kegiatan dengan menerapkan TGT berbantuan media kotak pintar pada Siklus I, persentase ketuntasan sebanyak 11 anak (55%) dan pada Siklus II persentase ketuntasan sebanyak 18 anak (90%). Berdasarkan hasil tersebut, model pembelajaran TGT berbantuan media kotak pintar mampu meningkatkan kemampuan literasi anak usia 4-5 tahun di PAUD Adnyani Abiansemal.
References
Arsianty, D. (2018). Literasi Digital Dalam Keluarga.
Azizah, S. N. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bustanul’ Ulun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2).
Bancin, A. B. (2022). Pengembangan Media Kotak Pintar untuk Pengenalan Konsep Nilai Moral AUD di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry
Basori. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Kotak Pintar. Jurnal Al-Abyadh, 3(2)
Fatonah, N. (2022). Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Garut: Cahaya Smart Nusantara.
Solikhah. (2019). kumara cendikia. In kumara cendikia (Vol. 01, p. 4).
Suryawati, E. A. (2021a). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Urbayantun, S. dkk. (2018). Komunikasi Pedagogik Untuk Pengembangan Literasi Pada Siswa.
Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wathoni, L. (2020). Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Mataram: Sanabil.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.