Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mengetahui Perbedaan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pastry and Bakery
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2666Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kreativitas, Hasil BelajarAbstract
Rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan Proses pembelajaran yang belum efektif, kurangnya pemahaman siswa terhadap meteri pembelajaran, serta guru yang kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pastry and bakery dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttes Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI JB 2 di SMK Wira Harapan yang berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest dan posttest kreativitas belajar siswa adalah 83,57 dan 99,43, sedangkan skor rata-rata pretest dan posttest hasil belajar siswa adalah 78,07 dan 91,82. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dimana hasil perhitungan diperoleh kreativitas belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dan hasil belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada kreativitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran pastry and bakery. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbandingan dalam peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lain yang diajarkan di SMK Wira Harapan.
References
Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377
Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669
Kusumaningrum, I., & Fitriani, R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dilengkapi Peta Konsep dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1)
Sudjana, N. (2004). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukiasih, Made. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyusun Teks. Journal of Education Action Research, 2(3)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.