Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mengetahui Perbedaan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pastry and Bakery

Authors

  • Ni Luh Putu Febby Sunari Dewi Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made Erpia Ordani Astuti Universitas Dhyana Pura
  • I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2666

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan Proses pembelajaran yang belum efektif, kurangnya pemahaman siswa terhadap meteri pembelajaran, serta guru yang kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pastry and bakery dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttes Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI JB 2 di SMK Wira Harapan yang berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest dan posttest kreativitas belajar siswa adalah 83,57 dan 99,43, sedangkan skor rata-rata pretest dan posttest hasil belajar siswa adalah 78,07 dan 91,82. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dimana hasil perhitungan diperoleh kreativitas belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dan hasil belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada kreativitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran pastry and bakery. Diharapkan hasil penelitian ini  dapat digunakan sebagai perbandingan dalam peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lain yang diajarkan di SMK Wira Harapan.

References

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Kusumaningrum, I., & Fitriani, R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dilengkapi Peta Konsep dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1)

Sudjana, N. (2004). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukiasih, Made. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyusun Teks. Journal of Education Action Research, 2(3)

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Dewi, N. L. P. F. S., Astuti, N. M. E. O., & Diarini, I. G. A. A. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mengetahui Perbedaan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pastry and Bakery. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(3). https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2666