Perbedaan Minat Belajar, Semangat Kewirausahaan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory Kompetensi Keahlian Tata Boga di SMKS Wira Bhakti Denpasar

Authors

  • Gusti Putu Dhebi Sukarna Universitas Dhyana Pura
  • I Ketut Suartana Universitas Dhyana Pura
  • Putu Andyka Putra Gotama Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2675

Keywords:

Teaching Factory, True Experiment Design, Pretest Posttest Control Group Design, Independen Sample t-tes, Paired Sample t-tes

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa, semangat kewirausahaan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran teaching factory. Penelitian ini adalah true experiment design dengan Pretest Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis menggunakan Independen Sample T-tes berfungsi untuk membandingkan nilai posttest kelas kontrol dengan nilai posttest kelas eksperimen dan Paired Sample T-tes berfungsi untuk membandingkan nilai pretest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas eksperimen. Hasil analisis menggunakan statistik deskriptif. Nilai signifikansi pada hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,001 pada kelas kontrol nilai rerata posttest 75,86% dan posttest kelas eksperimen 82,19% jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi pada hasil uji Paired Sample T-test sebesar 0,000 pada kelas eksperimen nilai rerata pretest 57,43% dan posttest kelas eksperimen 77,83% jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teaching Factory dapat meningkatkan minat belajar, semangat kewirausahaan dan hasil belajar siswa.

References

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4c(Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) untuk menyongsong Era Abad 21. Prosiding Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1).

Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Pelaksanaan Teaching Factory.

Mulianda, M. (2021). Berjudul Pengaruh Teaching Factory Pada Bidang Keahlian Ketenagalistrikan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Banda Aceh. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Islam Negeri Ar – Raniry

Sofyan, H. (2018). Pendidikan Teknologi Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Widyawati, A., Dwiningrum, S. I. A., & Rukiyati. 2021. Pembelajaran Ethnosciences di Era Revolusi Industri 4.0 Sebagai Pemacu Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(1).

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sukarna, G. P. D., Suartana, I. K., & Gotama, P. A. P. (2023). Perbedaan Minat Belajar, Semangat Kewirausahaan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory Kompetensi Keahlian Tata Boga di SMKS Wira Bhakti Denpasar. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(3). https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2675