Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2677Keywords:
Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memajukan kehidupan bangsa, mencerdaskan serta memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, baik, unggul, dan mampu mengahadapi tantangan di masa yang akan datang. Setiap guru harus mempunyai suatu perbedaan baik itu dari intelektual, tingkat pendidikan serta lingkungan sekitar yang hal tersebut dapat mempegaruhi proses belajar di kelas dari model pembelajaran, alat/media pembelajaran serta cara penguasaan kelas. Agar tercipta kegiatan pembelajaran yang menarik, akan diperlukan kemampuan guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai. Saat proses pembelajaran, siswa di kelas lebih senang mengobrol di luar topik yang dibahas, bermain handphone, banyak yang terlihat mengantuk, bahkan bermain game disaat jam pelajaran.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kuliner. Rancangan desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental yaitu one group pretest-posttest design karena dalam desain ini menggunakan satu kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pariwisata 3 SMK Wira Harapan. Metode dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil Pretest pada motivasi belajar siswa memperoleh persentase sebesar 72%, setelah diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray nilai persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 5% sehingga menjadi 77%. Hasil belajar pretest memperoleh persentase sebesar 79%. Setelah diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray nilai persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 2% sehingga menjadi 81%. Dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Pariwisata 3 SMK Wira Harapan.
References
Andriani, G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika & Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI SMK Muhammadiyah 10 Kisaran TA 2020/2023. Univesitas Islam Negeri.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurjamilah, I, P., Ukit., Muttaqin, M (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Sistem Pernapasan Melalui Penerapan Team Game Turnamen (Tgt) Berbantu Monopoli. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2).
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sukardi. (2020). Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Protista Kelas X SMAN 2 Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar
Sulistyanti, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1).
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.