Perbedaan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Peer Teaching pada Mata Pelajaran Housekeeping

Authors

  • Riana Patricia Kaya Universitas Dhyana Pura
  • I Wayan Suryanto Universitas Dhyana Pura
  • I Putu Pranatha Sentosa Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2678

Keywords:

Metode Peer Teaching, Kedisiplinan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan pada saat proses pembelajaran. Kesulitan ini disebabkan karena kedisiplinan siswa yang masih kurang dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan kedisiplinan dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Peer Teaching pada mata pelajaran Housekeeping. Metode pengumpulan sampel penelitian yaitu total sampling. Hasil penelitian mendapatkan hasil melalui penerapan metode Peer Teaching di kelas XII AP 1 SMK Pariwisata Dalung berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa dan hasil belajar siswa. Pada penelitian hasil uji hipotesis dengan perhitungan Uji T Berpasangan (Paired Sample T-Test) yang membandingkan antara pretest-posttest kedisiplinan menunjukan signifikan sebesar 0.000 < 0.05, dan pada hasil belajar menunjukan signifikan sebesar 0.000 < 0.05 dengan demikian Ho ditolak; Ha diterima dan dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode peer teaching.

References

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9)

Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis, 11(01).

Nasional, U. S. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.

Nurasa, I., & Mareti, S. (2022). Kualitas Hidup Orang Tua dengan Anak Disabilitas Quality of Life of Parents with Children with Disabilities. Citra Delima : Jurnal Ilmiah STIKES Citre Delima Bangka Belitung, 5(2), 100–104.

Riwana, P. P., Syahril, I., & Sulastri. (2021). Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Rohmah, I. F., Suwirta, U., & Susanti, Y. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya) terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro di SMK. J-Kip: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2).

Rufaedah A. E. (2019). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balongan. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (Sounselia), 2(1). 8–15.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Kaya, R. P., Suryanto, I. W., & Sentosa, I. P. P. (2023). Perbedaan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Peer Teaching pada Mata Pelajaran Housekeeping. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(3). https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2678