Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Kuta Utara

Main Article Content

Kadek Mesy Terisiana
Rai Gina Artaningrum
Eka Putri Suryantari

Abstract

E-commerce mampu menciptakan peluang bisnis bagi setiap orang sebab telah mampu menciptakan bisnis pada dunia digital yang telah menghubungkan orang secara luas tanpa batas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling serta menggunakan metode kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada UMKM yang menggunakan SIA dan e-commerce yang terletak di kecamatan kuta utara. sampel yang digunakan sebanyak 32 UMKM. Hasil penelitian menunjukkan penerapan e-commerce berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi bernilai positif. Penggunaan Sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKM di Kecamatan Kuta Utara, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi bernilai positif.

Article Details

How to Cite
Terisiana, K. M., Artaningrum, R. G., & Suryantari, E. P. (2023). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Kuta Utara. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 2(3). https://doi.org/10.36002/jd.v2i3.2679
Section
Articles

References

Bodnar, G. H. dan William, S. H. (2003). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Gunawan, A. (2014). Analisis strategi dan taktik pemasaran dalam aktivitas e-Commerce untuk meningkatkan pertumbuhan PT Golden Rama Express. The Winners, 15(1).

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus UMKM di wilayah kota Semarang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), 1-15.

Kartavianus, O. (2012). Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce. Binus University: Jakarta.

Nurlinda, V. F. (2019). Determinan adopsi e-commerce dan dampaknya pada kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(3).

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261-289.

Purnata, I. W. R., & Suardikha, I. M. S. (2019). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada UKM. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 296-321.

Savera, W., Nugroho, W. S., Purwantini, A. H., Khikmah, S. N. (2021). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminiar Nasional Fakultas Ekonomi Untida