Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Grand Zuri Kuta

Authors

  • Harum Hasnatul Putri Universitas Dhyana Pura
  • I Ketut Sirna Universitas Dhyana Pura
  • Putu Chris Susanto Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2904

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini menganalisis kualitas produk, kualitas pelayanan dan persepsi harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan tamu. Penelitian ini dilakukan di Hotel Grand Zuri Kuta. Populasi penelitian adalah tamu yang menginap di Hotel Grand Zuri Kuta dan sampel sebanyak 85 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, uji t dan uji F, serta uji koefien determinasi. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan tamu, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.248 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,010 (p<0,050); (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,322, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,021 (p<0,050); (3) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.142, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,013 (p<0,050); (4) secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu, dibuktikan dengan persamaan regresi, Y = -4,570 + 0,248X1 + 0,322X2 + 0,142X3, dan nilai F hitung= 25.346 (> F tabel= 2.717) dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (p<0,050). besarnya pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan persepsi harga secara simultan memberikan kontribusi sebesar 75,4% terhadap kepuasan tamu menginap di Hotel Grand Zuri Kuta.

References

Apriani, P., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2445-2456.

Evitaria, N. P., Adinegara, G. N. J., & Susanto, P. C. (2023). Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Hotel Aloft Bali Seminyak. JAKADARA, 1(2).

Hamidi, D. Z., & Prakoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomak, 4(2), 1-18.

Hoe, L. C., & Mansori, S. (2018). The effects of product quality on customer satisfaction and loyalty: Evidence from Malaysian engineering industry. International Journal of Industrial Marketing, 3(1), 20.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. In Pearson Education Limited (17th Ed.). Pearson Education.

Kristianti, T., & Rivai, A. R. (2018). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada Warunk Upnormal Semarang. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 15(2).

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen the Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31-42.

Puspawati, N. K., Sirna, I. K., & Susanto, P. C. (2023). Model Persepsi Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Service Quality Pada Hotel Tjampuhan & Spa Ubud Bali. Jakadara: Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora, 1(2).

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1).

Sirna, I. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Patra Jasa Bali Resort & Villas Kuta-Badung. Majalah Ilmiah Widyacakra, 1(02).

Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta:Deepublish.

Susanto, P. C. (2022). Hard Reset: Implications of Covid-19 Pandemic on Bali’S Hospitality and Tourism Industry from The Perspectives of Management Studies. Hospitour: Journal of Hospitality & Tourism Innovation, 6(2), 68-77.

Tjiptono, F. (2016). Prinsip-Prinsip Total Quality Service (Tqs). Yogyakarta: Andi.

Widiastra, I. M. B., Turker, S. B., & Darmayasa, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Pondok Bagus Canggu, Bali. Jakadara, 1(1).

Williady, A., Wardhani, H. N., & Kim, H. S. (2022). A Study on Customer Satisfaction in Bali’s Luxury Resort Utilizing Big Data through Online Review. Administrative Sciences, 12(4), 137.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Putri, H. H., Sirna, I. K., & Susanto, P. C. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Grand Zuri Kuta. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2904