Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z saat Menggunakan Jasa Shopeefood (Studi pada Mahasiswa Universitas Dhyana Pura)

Authors

  • Ni Putu Siskayanti Universitas Dhyana Pura
  • Gusti Ngurah J. Adinegara Universitas Dhyana Pura
  • Ni Putu Dyah Krismawintari Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2910

Keywords:

Analisis Faktor, Bauran Pemasaran, Keputusan Konsumen, ShopeeFood

Abstract

ShopeeFood merupakan online food delivery service yang tergolong baru namun mampu menarik peminat konsumen dikalangan mahasiswa untuk menggunakan jasa ini. Ketatnya persaingan yang terjadi di antara para pelaku bisnis jasa pesan antar makanan online mendorong pelaku bisnis untuk membuat strategi agar produk yang dijual dapat dikenal oleh konsumen. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi bauran pemasaran 7P yaitu product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen generasi Z saat menggunakan jasa shopeefood dan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen generasi Z saat menggunakan jasa shopeefood. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh mahasiswa/i Universitas dhyana pura. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel 100. Dari analisis faktor hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 faktor dalam keputusan konsumen saat menggunakan jasa shopeefood yaitu harga, produk, bukti fisik, pelayanan, orang, dan proses. Secara keseluruhan, keenam faktor tersebut berkontribusi sebesar 22.976%, 16.160%, 6.812%, 6.570%, 4.928% dan 4.376%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut faktor yang memiliki nilai variance tertinggi yaitu faktor pertama harga dengan nilai variance 22.976%.

References

Apjii. (2022, Oktober 27). Survei Profil Internet Indonesia 2022. Https://Apjii.Or.Id/Gudang-Data/Hasil-Survei. Diakses, 27 Oktober 2022.

Calista, T. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Intention To Use Online Food Delivery: Telaah Pada Gen Z Calon Pengguna Aplikasi Maxim Food. Doctoral Dissertation. Enschede: Universitas Multimedia Nusantara.

Kurniawan, M. U., & Ashadi, F. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Online Pada Mahasiswa Di Kabupaten Jember. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 2(2), 134-144.

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6-15.

Oktaviana, M., Nurhalim, A. D., & Hernawati, E. (2021). An Analysis Of Go-Food, Grabfood, And Shopeefood Utilization To Improve Customer Loyalty On Home-Based Business Owners In Tangerang City. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 19(3), 1-10.

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS Pada Statistik Non Parametrik.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Bandung.

UMN Consulting. (2022, February 21). Umn Consulting Mempresentasikan Penelitian Mereka Tentang Gaya Hidup Dan Kebiasaan Belanja Gen Z. Universitas Multimedia Nusantara. Https://Www.Umn.Ac.Id/Umn-Consulting-Mempresen

tasikan-Penelitian-Mereka-Tentang-Gaya-Hidup-Dan-Kebiasaan-Belanja-Gen-Z/. Diakses, 27 Oktober 2022.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.

Venia, M., & Marzuki, F. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Generasi Z Pengguna E-commerce). 2, 13.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Siskayanti, N. P., Adinegara, G. N. J., & Krismawintari, N. P. D. (2024). Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z saat Menggunakan Jasa Shopeefood (Studi pada Mahasiswa Universitas Dhyana Pura). JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2910