Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Izin Edar BPOM terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Kosmetika Scarlett (Studi pada Mahasiswa Universitas Dhyana Pura)

Main Article Content

Ni Putu E. C. Dewi
I Gusti Bagus Rai Utama
Ni Putu D. Krismawintari

Abstract

Banyaknya produk kecantikan yang berkembang tidak lepas dari keinginan konsumen untuk tampil menarik dan memiliki kulit wajah yang bersih serta terawat. Scarlett merupakan salah satu produk kecantikan berasal dari Indonesia yang dirilis oleh Felicya Angelista pada tahun 2018.Target pasar utama Scarlett adalah generasi Z seperti para pelajar dan mahasiswa karena keinginan untuk menjaga penampilan terutama merawat kesehatan kulit yang dapat mendorong kepercayaan diri pada generasi Z dengan memperoleh kulit yang sehat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh brand ambassador, brand image, dan izin edar BPOM terhadap keputusan pembelian Produk Kosmetik Scarlett dikalalngan mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Dhyana Pura sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 23.0. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa brand ambassador secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai t-hitung 0,894 ≤ t-tabel sebesar 1,661. Brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai t-hitung 3,519 ≥ t-tabel sebesar 1,661. Izin edar BPOM secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai t-hitung sebesar 3,797 ≥ t-tabel sebesar 1,661. Brand ambassador, brand image dan izin edar BPOM secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk, nilai F-hitung sebesar 35,807 ≥ dari F-tabel sebesar 2,70.

Article Details

How to Cite
Dewi, N. P. E. C., Utama , I. G. B. R., & Krismawintari , N. P. D. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Izin Edar BPOM terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Kosmetika Scarlett (Studi pada Mahasiswa Universitas Dhyana Pura). JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2911
Section
Articles

References

Ahmad, A. H., Idris, I., Mason, C., & Chow, S. K. (2019). The impact of young celebrity endorsements in social media advertisements and brand image towards the purchase intention of young consumers. International Journal of Financial Research, 10(5): 54-65.

Ananda. (Juni, 2022). Karakteristik Generasi Z dan Tahun Berapa Generasi Z. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/gen-z/. Diakses, 26 Februari 2023.

Aulia, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Islamic Branding, Label BPOM Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Milenial Pada Produk Kosmetik Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4): 294-305.

Diba, F. and Engkur, E., (2021, Januari 14). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Sertifikasi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Warga Rw. 001 Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung). Published Dissertation. Enschede: STIE Indonesia Jakarta.

Epriliyana, N. N. (2019). Urgensi ijin keamanan pangan (P-IRT) dalam upaya membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan jaringan pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1): 21-31.

Farah, R. (2021, September 20). 10 Produk Perawatan Tubuh Terlaris Shopee dan Tokopedia: Krim Pemutih Kulit Masih Populer. Compas.co.id. https://compas.co.

id/article/produk-perawatan-tubuh-terlaris/. Diakses, 12 November 2021.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta: Penerbit Qiara Media.

Maarif, V., Nur, H. M., & Septianisa, T. A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah menggunakan logika Fuzzy. Jurnal Sains dan Manajemen, 7(2).

Pddikti. (2021). Data Mahasiswa Universitas Dhyana Pura. Https://Pddikti.Kemdikbud.Go

.Id/Data. Diakses, 30 April 2021.

Rahmawati, H., Supriyono, S., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Blibli. Jurnal Riset dan Konseptual, 7(4): 886-895.

Simon, K. (202, Januari 27). Digital 2021: The Latest Insights Into The ‘State Of Digital. We Are Social. https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/. Diakses, 12 November 2021.

Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8(2): 253-272.

Suriyadi, F. I. (2021). Pengaruh Perceived Information Quality, Dan Endorser Credibilit Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening; Produk Scarlett Whitening. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(2): 15.