Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Housekeeping

Main Article Content

Rosmeyri Devi Mao
Putu Andyka Putra Gothama
I Ketut Suartana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Kesulitan tersebut disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan masih domi-nannya peran guru dalam proses pembelajaran. Subjeknya dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AP I yang berjumlah 43 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar. Hal ini dilihat dari peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 67,5% pada siklus II memperoleh rata-rata 82,73%, ini menunjukan terjadi peningkatan keaktifan sebesar 15,23, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 55,8%. Peningkatan hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata sebesar 75,6% pada siklus II memperoleh rata-tara 83,00%, ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 7,4, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 93,02% hal ini menunjukan terjadi peningkatan sebesar 56,02. Pada akhir penelitian diperoleh hasil keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran housekeeping meningkat dengan metode role playing.

Article Details

How to Cite
Mao, R. D., Gothama, P. A. P., & Suartana, I. K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Housekeeping. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2920
Section
Articles

References

usa, E. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (Inovasi), 2(2).

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Jas, J., Achmad, S. S., Alvi, R. R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2).

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi melalui Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).