Implementasi Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner

Authors

  • I Made E. Puspayana Universitas Dhyana Pura
  • I Gusti A. A. Sinta Diarini Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made E. O. Astuti Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2921

Keywords:

Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada siswa kelas X KL 5 SMK Negeri 5 Denpasar dalam mata pelajaran Dasar-dasar Kuliner, dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rerata motivasi belajar siswa 70.9%, sedangkan pada siklus II menjadi 90,5%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 19,6%. Hasil belajar pada siklus I rerata ketuntasan belajar sebesar 82,1%, sedangkan pada siklus II 90,8%, dengan demikian terjadi peningkatan 8,7%. Pada ketuntasakan klasikal siklus I mencapai presentase rerata sebesar 77,5%, sedangkan pada siklus II menjadi 100% terjadi peningkatan sebesar 22,5%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar Kuliner siswa kelas X KL 5 SMK Negeri 5 Denpasar dapat ditingkatkan dengan model Student Facilitator and Explaining.

References

Andriani, I. G. B., Astuti, N. M. E. O., & Suryanto, I. W. (2021). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Wira Harapan Tegal Jaya. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cahyani, M. A. O., Astuti, N. M. E. O., & Suryanto, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match pada Mata Pelajaran Boga Dasar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Sarasati, A., Harlanu, M., & Sutarno, S. (2016). Implementasi Model Student Facilitator and Explaining Materi Microsoft Excel untuk Meningkatkan Motivasi, Sikap dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Patebon. Edu Komputika Jurnal, 3(2).

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Puspayana, I. M. E., Diarini, I. G. A. A. S., & Astuti, N. M. E. O. (2024). Implementasi Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2921