Penggunaan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran House Keeping
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2923Keywords:
Tutor Sebaya, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa XII PH 1 SMK Prshanti Nilayam dalam mata pelajaran housekeeping dengan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rerata motivasi belajar siswa 66% sedangkan pada siklus II menjadi 86%. Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi siswa sebesar 20%. Hasil belajar pada siklus I rerata ketuntasan belajar sebesar 70%, sedangkan pada siklus II 76%, terjadi peningkatan sebesar 6%. Pada Ketuntasan Klasikal siklus I mencapai persentase rerata 46% sedangkan pada siklus II mendapat skor 100%, terjadi peningkatan sebesar 54%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar housekeeping siswa kelas XII PH 1 SMK Prshanti Nilayam dapat ditingkatkan dengan tutor sebaya.
References
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Dinamikawati. (2021). Application Of Peer-To-Peer Tutorial Methods In Social Studies Learning To. 10–22.
Kaspani, U., Windyariani, S., & Setiono. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial. Jurnal Utile, VIII(2), 105–120.
Kurniawan, roby ika, & Jaedun, A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaaya Konstruksi Dan Properti SMKN 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1–10.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Rismawati, R., & Muharmi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL Qalasadi, 3(2), 48–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.