Penggunaan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran House Keeping

Authors

  • I Gede Darmayasa Universitas Dhyana Pura
  • Maria Fransiska BR Ginting Universitas Dhyana Pura
  • I Wayan Suryanto Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2923

Keywords:

Tutor Sebaya, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa XII PH 1 SMK Prshanti Nilayam dalam mata pelajaran housekeeping dengan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rerata motivasi belajar siswa 66% sedangkan pada siklus II menjadi 86%. Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi siswa sebesar 20%. Hasil belajar pada siklus I rerata ketuntasan belajar sebesar 70%, sedangkan pada siklus II 76%, terjadi peningkatan sebesar 6%. Pada Ketuntasan Klasikal siklus I mencapai persentase rerata 46% sedangkan pada siklus II mendapat skor 100%, terjadi peningkatan sebesar 54%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar housekeeping siswa kelas XII PH 1 SMK Prshanti Nilayam dapat ditingkatkan dengan tutor sebaya.

References

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Dinamikawati. (2021). Application Of Peer-To-Peer Tutorial Methods In Social Studies Learning To. 10–22.

Kaspani, U., Windyariani, S., & Setiono. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial. Jurnal Utile, VIII(2), 105–120.

Kurniawan, roby ika, & Jaedun, A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaaya Konstruksi Dan Properti SMKN 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1–10.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Rismawati, R., & Muharmi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL Qalasadi, 3(2), 48–53.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Darmayasa, I. G., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2024). Penggunaan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran House Keeping. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2923