Eksplorasi Pentingnya Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dalam Konteks Bisnis Global: Implikasi bagi Kesuksesan Mahasiswa dan Pertumbuhan Bisnis

Main Article Content

Chintya Winda Natalia Butar Butar
Cindy Yolanda
Uswatun Hasanah

Abstract

Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan karier di dunia bisnis global. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya memahami faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan berbicara bahasa Inggris dalam konteks bisnis, serta untuk menyoroti manfaat yang diperoleh oleh mahasiswa yang mahir dalam bahasa Inggris bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah tinjauan literatur, yang bertujuan untuk mengeksplorasi peran signifikan keterampilan berbicara bahasa Inggris dalam membuka peluang bisnis global, membangun kepercayaan dan reputasi, membina hubungan interpersonal yang kuat, meningkatkan prospek karir, serta mendorong inovasi dan pertumbuhan bisnis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun keterampilan berbicara bahasa Inggris memiliki kepentingan yang signifikan dalam konteks bisnis global, mahasiswa sering menghadapi hambatan dalam mengembang-kannya. Hambatan ini bisa berasal dari faktor-faktor psikologis dan kesulitan menemukan kata-kata yang tepat. Oleh karena itu, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan berbicara bahasa Inggris di antara mahasiswa dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris untuk bisnis menjadi sangat penting. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris bukan hanya merupakan kebutuhan praktis dalam arena bisnis global, tetapi juga kunci untuk mencapai kesuksesan pribadi dan profesional, membangun hubungan yang kuat, dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Butar, C. W. N. B., Yolanda, C., & Hasanah, U. (2024). Eksplorasi Pentingnya Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dalam Konteks Bisnis Global: Implikasi bagi Kesuksesan Mahasiswa dan Pertumbuhan Bisnis. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(1). https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2966
Section
Articles

References

Adawiyah, D. (2021). The importance of English in business communication. Jurnal Adminika, 7(1), 178–186.

An, St Nurdiah; Kadoeng, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris Di Man 1 Kota Makassar St. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 27(2).

Ananda, D. M. (2024). Analisis Kecakapan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kesosi. Jurnal NURSE, 7(1), 65–72.

Andrin, G., Kilag, O. K., Abella, J., Tañiza, F., Groenewald, E., & Cordova Jr, N. (2024). Innovative Pedagogy: The Influence of Impromptu Speaking on Students’ English Oral Proficiency. Excellencia: International Multi-Disciplinary Journal of Education (2994-9521), 2(1), 36–46.

Ayu, C., Asilestari, P., Sari, N., Zalisman, Rifiyanti, H., Syahruddin Mahmud, MEd., PhD. Ariani Rosadi, M. P., Iful Rahmawati Mega, M. P., Langen Nidhana Meisyalla, M.Kes., M.Psych. Vitri Angraini Hardi, M. P., & Rumapea, E. L. B. (2023). Buku Ajar BAHASA INGGRIS (pertama). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Carhill, A., Suárez-Orozco, C., & Páez, M. (2008). Explaining English Language Proficiency Among Adolescent Immigrant Students. American Educational Research Journal, 45(4), 1155–1179. https://doi.org/10.3102/0002831208321443

Christinawati, S., & Ganesha, P. . (2019). The importance of English proficiency to face revolution industry 4.0. Jurnal TEXTURA, 6(1), 164–173.

Damayanti, L. S. (2019). Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris Dalam Industri Pariwisata. Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 2(1), 71–82. https://doi.org/10.46837/journey.v2i1.42

Ghafar, Z. N., & Raheem, B. R. (2023). Factors Affecting Speaking Proficiency in English Language Learning: A general overview of the speaking skill. Journal of Social Science (JoSS), 2(6), 507–518. https://doi.org/10.57185/joss.v2i6.107

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76

Kusnaedi, U. (2023). Menelusuri Peran Profisiensi Bahasa Inggris Dalam Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pelaporan Keuangan Global. Jurnal Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 1(4), 230–243.

Leong, L., & Ahmadi, S. M. (2017). An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill. International Journal of Research in English Education, 2(1), 34–41.

Madrid, D., Mac Laren, N., & Bueno González, A. . (2006). TEFL in secondary education. In Manuales major, 32().

Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Muliyah, P., Maliki, A., Habib, M., & Mufieda, J. (2023). PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS TERHADAP MARKETING DALAM BISNIS BERBASIS DIGITAL. Prosiding Seminar Internasional Peluang Dan Tantangan Perguruan Tinggi Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0, 1(1), 430–436.

Ofah Munadzdzofah. (2017). Pentingnya Bahasa Inggris, China, Dan Jepang Sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis Di Era Globalisasi. Vocatio:Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretaris, 1(2), 1–23.

Pratama, R. (2022). Macam-Macam Dialek Bahasa Inggris dan Potensinya dalam Memunculkan Kesalahpahaman pada Komunikasi Lintas Budaya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(4), 445–454. https://doi.org/10.14710/anuva.6.4.445-454

Putu Shinta Novianty, Eka Ayu Purnama Lestari, & Komang Trisnadewi. (2022). Pengaruh Kompetensi Bahasa Inggris Terhadap Kinerja Pegawai. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.1.3763

Rao, P. S. (2019). The Importance of Speaking Skills in English Classrooms. Alford Council of International English & Literature Journal(ACIELJ), 2(2), 6–18.

Richards, J. C. (Ed.). (1990). Conversationally speaking: approaches to the teaching of conversation. In The Language Teaching Matrix (pp. 67–86). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/CBO9780511667152.006

Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089

Sha’Ar, M. Y. M. A., & Boonsuk, Y. (2021). What hinders english speaking in thai efl learners? investigating factors that affect the development of their english speaking skills. Mextesol Journal, 45(3), 0–2.

Sri Rahayu, R. (2018). Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan Pemasaran. Kompetitif, 1(4), 149.

Sudarmo, S. (2021). importance of speaking in English as a foreign language between skillful and thoughtful competencies: studying sociolinguistics perspectives. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 113–124. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns1.1321

Yerly A., D. (2024). Panduan Praktis Bhasa Inggris untuk Era Teknologi (pertama, Vol. 4, Issue 1). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Zulfitri, N. (2019). Sebuah Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Umn Al – Washliyah Medan, Tahun Pelajaran 2019-2020 ( Analisa Studi Psycholinguistics ). Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 580–589.