Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Congklak
DOI:
https://doi.org/10.36002/jd.v3i1.2982Keywords:
kognitif, congklak, anak usia diniAbstract
Anak usia dini mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Salah satu kemampuan yang berkembang saat usia dini adalah kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbagai konsep dan pengetahuan termasuk matematika. Kemampuan kognitif dapat distimulasi melalui kegiatan bermain salah satunya permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan tradisional congklak pada Kelompok B TK Tunas Mekar II. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Tunas Mekar II yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini merupakan penelitiian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi berupa pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ketuntasan yang terjadi pada kondisi awal sebesar 15,79% (3 anak), Siklus I meningkat menjadi 57,89% (11 anak), dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 89,47% (17 anak). Permainan tradisional congklak sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada Kelompok B TK Tunas Mekar II.
References
Ali, M., Ichsan, I., & Kasmiati, K. (2021). Pengaruh Permainan Teka-Teki Angka Dan Huruf Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 254–265. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8737
Fadlillah. (2016). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Prenamedia Group.
Fydarliani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Permainan Congklak dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 214. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.499
Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Universitas Muhammadiyah Malang.
Ita, E. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Masya Expanding Management.
Khadijah. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Kencana.
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenamedia Group.
Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Balinese Congklak Games, Maciwa, to Improve the Development of Symbolic Thinking in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 102–109.
Meuthia, N., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 357–366. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8905
Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia (DIVA Press).
Mulyasa. (2021). Manajemen PAUD. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Nafiah, Q. N., & Maemonah, M. (2021). Analisis Pembiasaan Berbahasa Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 278–288. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9000
Paizaluddin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas( CLASSROOM ACTION RESEARCH). Alfabeta CV.
Rozi, F., Mubarak, A. F., & Humaidah, H. (2021). Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 266–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8339
Sakura, H. (2020). Permainan Tradisional dalam Pembelajaran IPS SD. CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Dasar Anak Usia Dini. PT Indeks.
Wati, Y. S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar di PAUD. Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.