Penerapan Model STAD Pada Mata Pelajaran Housekeeping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ap 1 Di SMK Pariwisata Dalung

Main Article Content

Maria Magdalena Kae
I Ketut Suartana
, I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motitivasi siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini disebab karena guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran housekeeping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMK Pariwisata Dalung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengambilan sampel adalah total sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP 1 di SMK Pariwisata Dalung yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan pada motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD pada kelas XI AP 1. Hal ini dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 70,55%, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 83,28%. Peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I dengan persentase sebesar 32,26%. Peningkatan hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68,29, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 81,52. Peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Kae, M. M., Suartana, I. K., & Diarini, , I. G. A. A. S. (2024). Penerapan Model STAD Pada Mata Pelajaran Housekeeping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ap 1 Di SMK Pariwisata Dalung. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(2). https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3219
Section
Articles

References

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Ebe R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Akademik Fkip Unidayan.

Ketut Suartika, I. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan LKS Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 425–432.

Made Sukarta, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(4), 522–528.

Noviansah, A., Istiqomah, H., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pelajaran Bahasa Indonesia MI. Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2).

Rostika, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Indonesian Journal of Educational Development,1(2).