Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Harga Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Spotify (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Spotify Di Universitas Dhyana Pura)

Authors

  • Maria Reny Rosari Universitas Dhyana Pura
  • Gusti Ngurah Joko Adinegara Universitas Dhyana Pura
  • Ni Putu Dyah Krismawintari Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3227

Keywords:

Keputusan Pembelian, Persepsi Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat, persepsi harga, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian berdasarkan studi kasus mahasiswa yang menggunakan aplikasi Spotify di Universitas Dhyana Pura. Spotify menyediakan layanan Spotify Premium untuk memberikan kemudahan dan pengalaman terbaik bagi pengguna platform Spotify. Layanan premium yang berhadapan langsung dengan konsumen ini mengharuskan Spotify untuk memahami perilaku konsumen, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen atas Spotify Premium. Faktor persepsi merupakan salah satu faktor yang dapat menumbuhkan minat konsumen untuk akhirnya mengambil keputusan akhir berupa pembelian. Penelitian dilakukan di Universitas Dhyana Pura dengan sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: persepsi manfaat berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t-hitung 1,719 lebih besar dari t-tabel 1,661, dan nilai koefisien regresi sebesar 0,188 dengan nilai signifikansi 0,089. Persepsi harga dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t-hitung 2,945 dan 3,594 lebih besar dari t-tabel 1,661, dan nilai koefisien regresi sebesar 0,420 dan 0,397 dengan nilai signifikansi 0,004 dan 0,001. Persepsi manfaat, persepsi harga, dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh secara simultan, dengan nilai F-hitung 44,167 lebih besar dari f-tabel.

References

Ajis, J. (2020). Pengaruh Electronic Service Quality, Dan Price Perception Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Premium Spotify (Studi Pada Pengguna Aplikasi Spotify Di Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(3), 14-14.

Arifin, S., Suharyono, S., & Wilopo, W. (2013). Pengaruh Perceived Price Dan Perceived Value Pada Produk Bundling Terhadap Minat Beli (Sebuah Survei Tentang Minat Beli Perangkat Komunikasi Pada Mahasiswa). Doctoral dissertation. Enschede: Brawijaya University.

Databoks. (2022). Spotify, Aplikasi Musik yang Paling Banyak Diunduh Pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/09/spotify-aplikasi-musik-yang-paling-banyak-diunduh-pada-2021. Diakses pada 10 Januari 2022.

Huang, H. C. (2016). Freemium business model: construct development and measurement validation. Internet research, 26(3), 604-625.

Jamaludin, J., Purba, R. A., Effendy, F., Muttaqin, M., Raynonto, M. Y., Chamidah, D., & Puspita, R. (2020). Tren Teknologi Masa Depan. Yayasan Kita Menulis.

Mustain, F. (2022). Spire Insights: Legitnya Pasar Streaming Musik di Indonesia. Technobusiness. https://technobusiness.id/insight/spire-insights/2022/02/16/spire-insights-pasar-streaming-musik-indonesia/. Diakses pada 10 Januari 2022.

Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 1-16.

Spotify. (2022). Spotify Premium 2022. .https://www.spotify.com/id-id/premium/. Diakses pada 10 Januari 2022.

Putra, I. P. A. P. A., Sukaatmadja, I. P. G. and Giantari, I. G. A. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli E-Ticket pada Situs Traveloka. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.9, 9, pp. 3007–3030.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Rosari, M. R., Adinegara, G. N. J., & Krismawintari, N. P. D. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Harga Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Spotify (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Spotify Di Universitas Dhyana Pura). JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(2), 77–87. https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3227