Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas , Dan Lokasi Terhadap Keputusan Tamu Menginap Pada Hotel Royal Regantris Kuta
Article Sidebar
Download : 123
Main Article Content
Abstract
Industri perhotelan salah satu industri yang memadukan antara produk dan layanan. Di mana desain bangunan, fasilitas, interior dan suasana kamar yang diciptakan dalam hotel merupakan contoh dalam produk yang dijual. Keramah -tamahan serta keterampilan yang dimiliki oleh staff dalam melayani tamu merupakan layanan yang ditawarkan. Dalam hal ini hotel sebagai penyedia jasa berusaha untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pengguna jasa untuk mempertahankan bisnisnya dalam menyaingi kompetitornya. Di samping kualitas pelayanan yang baik, fasilitas dan lokasi turut menjadi peran penting dalam menjaring datangnya konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan tamu menginap pada Hotel Royal Regantris Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap pada Royal Regantris Kuta dengan mengambil sampel sebanyak 75 tamu. Analisis data dilakukan dengan dengan uji regresi. Hasil determinasi dari penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi secara simultan memberikan kontribusi terhadap keputusan tamu menginap sebesar 78% serta hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan t hitung 11,572, 7,349 dan 7,720 ≥ t tabel 1,66. secara simultan kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan tamu menginap, diperoleh nilai F-hitung 83,791> nilai F-tabel 2,73 dan signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Royal Regantris Kuta.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, E., Sudarso, A., Purba, B., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis..
Soewarno, E., Hudiyani, A., & Sugiarti, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Abadi Di Pangkalan Bun. Magenta, 9(2), 93-100.
Suhendra, D. R., & Hermana, C. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel RedDoorz syariah near GOR Panatayuda Karawang. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 6(1), 802-809.
Tiwow, T. (2022). Globalisasi Industri Pariwisata Indonesia Dan Kaitanya Dengan Aspek Sosiologi Studi Kasus Hotel Dan Restaurant.
Tjiptono,F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: PT Penerbit Andi Offset.
Tripadvisor Royal Regantris Kuta. (2022). Data Ulasan Tamu Royal Regantris Kuta. Tripadvisor.
Wydyanto, W., & Ilhamalimy, R. R. (2021). Determination of Purchasing Decisions and Customer Satisfaction: Analysis of Service Quality and Product Quality (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(3), 565-575.