Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Ling-Ling’s Bali

Authors

  • Ni Made Novita Kurniasanti Universitas Dhyana Pura
  • Gusti Ngurah Joko Adinegara Universitas Dhyana Pura
  • I Gusti Bagus Rai Utama Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3231

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Penjualan, Restoran, SWOT, Matriks IE

Abstract

Perjalanan bisnis restoran yang terus mengalami perkembangan dan peningkatan akan berdampak pada persaingan yang semakin ketat. Hal tersebut membuat manajemen  harus siap dalam menghadapi persaingan antar restoran yang ada, pengaturan strategi yang tepat adalah kunci utama. Penelitian ini dilaksanakan di Ling-Ling’s Bali Restoran dengan topik “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan di Ling-Ling’s Bali”. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada Ling-Ling’s Bali Restoran. Strategi yang digunakan pada penelitian ini didasarkan melalui metode pendekatan analisis SWOT. Hasil dari skor yang dijabarkan dalam matrik IE diketahui posisi Ling-Ling’s Bali berada pada posisi strategi pertumbuhan yaitu dengan ringkasan skor internal yaitu 3,45 dan untuk skor eksternal diperoleh skor 3,24. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, strategi yang dapat diterapkan pada Ling-Ling’s Bali Restoran untuk meningkatkan penjualan, yaitu dengan mengembangkan produk baru yang dapat menarik minat pengunjung, meningkatkan kualitas produk atau jasa yang telah ada, memperluas jaringan target pasar, menyesuaikan harga agar tetap kompetitif, melakukan kegiatan pemasaran secara berkelanjutan, memberikan pelatihan secara berkala kepada seluruh karyawan, dan yang tidak kalah penting adalah menyediakan shuttle service serta valet parking dan bekerjasama dengan restoran sekitar untuk menyediakan lahan parkir.

References

Prayogo, R. R. (2018). Perkembangan Pariwisata Dalam Perspektif Pemasaran. PT Lontar Digital Asia: Bitread Publishing.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif ,Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Kurniasanti, N. M. N., Adinegara, G. N. J., & Utama, I. G. B. R. (2024). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Ling-Ling’s Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(2), 120–128. https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3231