Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Di Hotel Vila Lumbung Seminyak Bali

Main Article Content

I Kadek Suardama Putra
I Gusti Bagus Rai Utama
Gusti Ngurah Joko Adinegara

Abstract

Kepuasan kerja karyawan merupakan hasil kualitas dan kuantitas yang diperoleh oleh karyawan selama bekerja. Dinilai dari gaya kepemimpinan dari suatu perusahaan yang mengarahkan setiap karyawan agar pekerjaan karyawan lebih terarah, memberikan kompensasi terhadap karyawan dan melakukan komunikasi antara atasan dengan karyawan maupun antar sesama karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, kompensasi dan komunikasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di hotel vila lumbung seminyak bali dengan sampel sebanyak 34 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) gaya kepemimpinan, kompensasi dan komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, dimana diperoleh nilai t-hitung 2.198, 2.365 dan 2.146 nilai koefisien regresi 0.220, 0.502 dan 0.272 serta signifikansi 0.036, 0.025 dan 0.040. (2) secara simultan gaya kepemimpinan, kompensasi dan komunikasi berpengaruh signfikan terhadap kepuasan kerja, dimana diperoleh nilai f-hitung 23,544, persamaan regresi sebesar y = 3,482 + 0,220x1 + 0,502x2 + 0,272x3 dan signifikansi 0,000. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap kepuasan kerja adalah 67,2%. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Hotel Vila Lumbung hendaknya membuat kebijakan pemberian gaji yang sesuai dengan kontribusi karyawan terhadap perusahaan, selalu memberikan informasi yang jelas dan detail, serta pemimpin Hotel Vila Lumbung Seminyak Bali diharapkan selalu mendengarkan saran dari bawahan dalam pengambilan keputusan.

Article Details

How to Cite
Putra, I. K. S., Utama, I. G. B. R., & Adinegara, G. N. J. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Di Hotel Vila Lumbung Seminyak Bali. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3235
Section
Articles

References

Astuti, M., & Andri, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Hotel Mona Plaza Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Bisnis, 18(2), 1-18.

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Edy, S. (2019). Manajemen Sumber Daya manusia. Prananda group Jakarta.

Emmanuel, A. O., & Hassan, Z. (2015). The effects of transformational leadership on job satisfaction: A study on four and five star hotels in Kuala Lumpur. International Journal of Accounting, Business and Management , 1(1), 1-14.

Hartanto, V. C., & Turangan, J. A. (2021). Pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan, dan kompensasi kepuasan kerja pegawai hotel di jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 518-527.

Putra, I. W. R. S., & Adnyani, I. G. A. D. (2019). Pengaruh komunikasi, budaya organisasi dan lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan kerja karyawan Ramada Bintang Bali. E-Jurnal Manajemen, 8(4), 1.

Wibowo, M. K. (2016). Manajemen Kinerja Edisi 5. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.