Korespondensi Ranah Sumber Dan Target Yang Ditemukan Didalam Iklan Pariwisata: Pendekatan Konseptual Metafora

Main Article Content

Ni Kadek Wulan Pangastika
Putu Chrisma Dewi
Km. Tri Sutrisna Agustia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan metafora konseptual dalam iklan pariwisata yang ditemukan dalam caption Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Lakoff dan Johnson untuk mengkategorikan jenis metafora pada masalah pertama, dan Kövecses: 2006 untuk menjelaskan metafora dan korespondensinya antara Source Domain (SD) dan Target Domain (TD). Penelitian ini menggunakan data kualitatif melalui analisis teks pada caption Instagram dari beberapa akun, yaitu Como Beach Club Canggu, Como Uma Canggu, W Bali Seminyak, dan Café Del Mar Bali. Metode penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metafora dan korespondensi antara domain sumber dan target. Dalam penelitian ini digunakan 15 data yang dikumpulkan dari caption Instagram. Data dikumpulkan, dipilih dan diklasifikasikan berdasarkan tiga kategori metafora, yaitu metafora orientasi, metafora ontologis dan metafora struktural.  Untuk mengetahui makna yang terkandung dalam ungkapan metaforis, data dianalisis untuk menemukan korespondensi SD dan TD.

Article Details

How to Cite
Pangastika, N. K. W., Dewi, P. C., & Agustia, K. T. S. (2024). Korespondensi Ranah Sumber Dan Target Yang Ditemukan Didalam Iklan Pariwisata: Pendekatan Konseptual Metafora. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 3(2), 204–208. https://doi.org/10.36002/jd.v3i2.3241
Section
Articles

References

Kövecses, Z.(2006). Language, Mind, and Culture: Practical Introduction. Oxford: Oxford University Press

Laikioff, g., & jiohnsion, m. (1980). Mietaiphiors Wie Livie By. Chicaigio: Univiersity iof Chicaigio Priess.

Laikioff, g., & jiohsion , m. (2003). Mietaiphiors Wie Livie By . Chicaigio : Univiersity iof Chicaigio.