Faktor – Faktor Yang Dipertimbangkan Wisatawan Menginap Di Grand Kuta Hotel & Residence
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Peruntukan riset yaitu membentuk faktor-faktor apa saja yang menjadi bahan pertimbangan wisatawan untuk menginap dan faktor dominan apa yang dipertimbangkan wisatawaan untuk menginap. Riset ini mengambil wisatawan yang menginap di Grand Kuta Hotel & Residence sebagai populasi. Metode pengumpulan sampel dengan cara tamu yang dipertemukan dengan peneliti saat penelitian sebagai sampel yaitu 115 responden. Dari analisis faktor hasil penelitian menunjukkan bahwa Dengan menggunakan metode Principal Component
Analysis (PCA) diperoleh tiga (3) faktor dan 23 variabel yang mempengaruhi wisatawan menginap di Grand Kuta Hotel & Residence dan mampu menjelaskan semua varian yang dalam data,yaitu 66,993%. Ketiga faktor tersebut diberi nama sesuai dengan komponen variabel. Faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan menginap di Grand Kuta Hotel & Residence adalah Faktor layanan, lokasi dan harga. Secara keseluruhan, ketiga faktor tersebut berkontribusi sebesar, Faktor pelayanan yaitu 53,151%, faktor lokasiyaitu 8,690%, dan faktor harga yaitu 5,152%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut faktor yang paling dominan mempengaruhi wisatawan menginap di Grand Kuta Hotel & Residence adalah faktor layanan karena memiliki nilai eigen value paling besar variance 53,151%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Chorischom, J. (2011). Factors influencing the selection of hotels/resorts in Lanta Yai
Island, Krabi, Thailand by international travelers. Doctoral dissertation.
Dewi, Ni Made Rai Krissintia. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Menginap di Astagina Resort Villa and Spa Bali. Diploma thesis, Universitas Dhyana Pura.
Dharma, P. M. S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap di The Trans Resort Bali. Doctoral dissertation, Universitas Dhyana Pura.
Richard, A., & Masud, I. (2016). Factors influencing consumer choice in hotel selection in Ghana. International Journal of Economics, Commerce and Management, 4(11), 564-582.
Santika, I. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Tamu Menginap di Harris Hotel & Conventions Denpasar Bali. Doctoral dissertation, Universitas Dhyana Pura.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sunyoto, D. dan Susanti, E. F. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung:Alfabeta
Tjiptono, F. 2019. Perilaku Konsumen: Definisi, Domain, Determinan. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, 103.
Utama, Rai dan Mahadewi, (2012). Metodologi penelitian Pariwisata & Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi OFFSET