Penerapan Model Pembelajaran (CPS) Creative Problem Solving pada Pembelajaran Praktik Continental untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Inggrit Fajar Pradata
I Putu Pranatha Sentosa
Putu Andyka Putra Gotama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran continental melalui penerapan model creative problem solving. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest- posttest design. Teknik sample yaitu total sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kuliner 2 SMK Wira Harapan yang berjumlah 41 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan, pada pretest kreativitas diperoleh rerata sebesar 34,85, sedangkan pada posttest memperoreh rerata sebesar 42,00. Dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan sebesar 7,29. Pada pretest hasil belajar diperoleh rerata sebesar 75% dari tiga ranah hasil belajar. Sedangkan pada postest hasil belajar diperoleh rerata sebesar 83%. dari hasil pengukuran tersebut secara deskriptif terdapat peningkatan skor sebesar 8%. Hasil uji paired sample t-test yang membandingkan antara pretest-posttest kemandirian menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian melalui penerapan model creative problem solving. Pada pada hasil belajar menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar melalui penerapan model creative problem solving.

Article Details

How to Cite
Pradata, I. F., Sentosa, I. P. P., & Gotama, P. A. P. (2025). Penerapan Model Pembelajaran (CPS) Creative Problem Solving pada Pembelajaran Praktik Continental untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA, 4(1), 19–28. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/3835
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, I. N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071

Halean, S., Kandowangko, N., Goni, S. Y. V. I. (2021). Peranan Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Tampan Amma di Talaud. Jurnal Holistik, 14(2).

Ilmi, M. I., & Samaya, D. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Palembang Effect of Creative Problem Solving (CPS) Model Against Skills Writing Explanation Text Class XI MAN 2 Palembang Students. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 49–57.

Lokat, Y. T., Bano, V. O., Enda, R. R. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Binomial, 5(2), 126–135. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1450

Maharani, N., Murdiyanto, T., & Hadiyan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (SPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matermatika, 5(1). http://dx.doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12332

Waluyo, E., & Nuraini. (2021). Pengembangan model pembelajaran Creative Problem Solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.39354

Yuliati. E., Mailini, H., Muharni, S. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pengerapan Surgical Safety Checklist di Kamar Operasi Rumah Sakit Kota Batam. Jurnal Endurance, 4(3). http://dx.doi.org/10.22216/jen.v4i3.4501